Ini Dia 3 Filter Yang Harus Diganti Pada Mobil Toyota Anda

filter yang harus diganti pada mobil toyota

Otorev – Filter yang terpasang pada mobil Toyota Anda. Sebuah komponen yang memiliki peranan cukup penting sekali untuk menyaring kotoran yang dihasilkan sisa – sisa pembakaran. Pun debu di jalanan yang secara tidak disengaja ikut masuk ke ruangan pembakaran. Bahkan saking pentingnya fungsi filter – filter tersebut jadi wajib hukumnya buat Anda untuk mengganti secara rutin. Tujuannya tak lain adalah untuk menjaga kesehatan kendaraan dan pastinya juga untuk menjaga kesehatan diri sendiri. Tapi, kira – kira apa saja filter yang harus diganti pada mobil toyota secara berkala tersebut?

Ini Dia 3 Filter Yang Harus Diganti Pada Mobil Toyota Anda

  1. Filter udara

Filter udara

Filter udara atau air filter pada mobil Toyota ini adalah salah satu komponen yang memiliki peranan cukup penting sekali dalam mesin. Fungsinya untuk membantu cegah masuknya udara yang kotor ke dalam ruang bahan bakar. Filter udara tersebut dibuat dari kertas khusus, atau kasa sehingga bisa mencegah kotoran masuk bersamaan dengan udara. Secara umum, filter udara ini sangat membantu untuk jaga ruangan pembakaran agar tetap bersih dari kotoran, serta menjaga pembakaran tetap sempurna sehingga bisa pertahankan performa mesin dalam mengeluarkan tenaga yang maksimal. Apabila filter udara ini tidak diganti, maka ruang bakar jadi kotor, oli pun jadi lebih cepat kotor sehingga tarikan mobil Toyota Anda juga semakin berat.

  1. Filter AC

Filter AC

Baca juga : Kebiasaan Berkendara Mobil yang Sebabkan Boros Bensin Harus Anda Hindari

Fungsi utama dari filter AC pada mobil Toyota ini sebetulnya tak jauh berbeda dengan air filter, yakni sama – sama berperan penting untuk menyaring udara supaya tetap bersih. Bedanya apabila filter udara menyaring udara yang akan masuk ke mesin untuk dibakar bersamaan dengan bensin atau solar, maka filter AC ini bertugas untuk menyaring udara sebelum akhirnya masuk ke evaporator AC mobil. Jadi filter kabin AC cegah debu, bakteri, maupun partikel kecil lainnya masuk dalam evaporator. Untuk Anda yang mudah sakit, atau punya alergi terhadap debu dengan adanya filter tersebut ternyata juga bisa mencegah dari gangguan kesehatan. Anda pun bisa pakai jenis filter AC berbahan karbon yang bisa membunuh virus serta bakteri penyebab bau dan penyakit.

  1. Filter oli

Filter oli

Baca juga : Cara Merawat Mesin Mobil Bekas Agar Tidak Mudah Bobrok

Filter oli pada mobil Toyota ini juga memiliki peranan cukup penting sekali pada mesin. Fungsi utama dari filter atau saringan oli pada sistem pelumasan adalah untuk menyaring semua kotoran, serta zat karbon yang ada di dalam oli sebelum akhirnya oli kembali melumasi bagian mesin, seperti mekanisme katup, poros engkol, dan lain sebagainya. Sebab jika bagian yang bergerak dan juga bergesekan tersebut dilumasi oleh oli yang kotor, maka bisa mengakibatkan komponen ini cepat aus, lebih lagi bisa sebabkan kerusakan. Selain membuat oli cepat kotor, akibat tidak digantinya filter oli dalam waktu lama juga bisa sebabkan terjadinya penyumbatan pada filter, sehingga sirkulasi dari oli terganggu dan perlindungan oli terhadap gesekan antar komponen mesin pun jadi kurang maksimal.

Nah, itu dia 3 filter yang harus diganti pada mobil Toyota yang pastinya harus banget Anda ketahui. Oh iya, untuk mengganti 3 filter yang dibutuhkan mobil kesayangan Anda tersebut, kini Anda sudah bisa mendapatkannya dengan cicilan via aplikasi kredit terbaik AKULAKU ini. Tak perlu khawatir mengenai harga, sebab selain Anda bisa membayarnya dengan cicilan tanpa kartu kredit, di AKULAKU Anda juga berkesempatan untuk dapatkan voucher belanja up to Rp 700 ribu rupiah. Misalnya saja dengan pakai kode voucher “AIDIA 1”.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password