Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatan yang Tepat

Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatan yang Tepat

otoRev – Pada sebuah kendaraan bermotor baik itu pada mobil atau motor ada yang namanya busi. Busi atau yang dikenal dengan istilah mesinnya spark plug merupakan sistem pengapian secara khusus yang diperlukan pada kendaraan bermotor dengan bahan bakar bensin. Tanpa adanya busi tak akan ada percikan api yang dihasilkan CDI dan kendaraan Anda tidak bisa digunakan.

Fungsi busi motor ada banyak banget. Salah satu fungsi busi motor adalah untuk memercikkan bunga api yang diperlukan dalam membakar suatu campuran udara dan juga bahan bakar yang sudah dilakukan kompresi. Dengan fungsi busi tersebut karena itu busi sangat penting dan harus dijaga selalu perawatannya agar tidak mudah mati.

Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatannya

Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatan yang Tepat

Setelah kita tahu fungsi busi motor tersebut tentunya kita harus memberikan perawatan terbaik pada busi motor Anda.

Jangan sampai fungsi busi motor Anda mati sehingga dapat menyebabkan kendaraan Anda tidak bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Agar fungsi busi motor Anda tidak mudah mati ada beberapa langkah perawatan yang tepat untuk Anda lakukan.

Berikut bagaimana langkah perawatan busi motor yang Anda harus tahu dan terapkan agar busi Anda tidak mengalami kerusakan, cepat aus atau mengalami masalah yang lainnya. Berikut langkah perawatan busi diantaranya :

Baca Juga : Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memilih Busi untuk Motor

Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatan yang Tepat

  • Pertama – tama lepas kepala kabel busi
  • Kemudian cara yang selanjutnya lepaskan busi dari bagian kepala silinder
  • Penimbunan arang yang dilakukan pada pada busi akan menghambat suatu percikan bunga api dimana hal ini akan mengakibatkan terjadinya gangguan pembakaran karena itu arangnya perlu untuk Anda bersihkan.
  • Jika memang nantinya suatu elektroda busi yang Anda temukan terdapat di bagian tengah mengalami aus atau mengalami suatu kondisi meleleh maka Anda harus segera berikan tindakan. Itu memberikan suatu tanda kepada Anda. Hal tersebut tandanya yang perlu Anda tahu yaitu ketika elektroda di bagian tengah mengalami aus atau meleleh maka artinya busi harus segera Anda ganti. Atau Anda bisa setel celahnya dengan menggunakan suatu feeler gauge yang sesuai dengan ketentuannya. Pada busi celahnya sendiri terdapat pada kisaran angka 0,6 – 0,7 mm.

Fungsi Busi Motor dan Langkah Perawatan yang Tepat

  • Anda perlu lakukan pemeriksaan juga pada kondisi pembakaran busi jika tidak normal maka Anda bisa segera lakukan penggantian pada busi sesuai dengan spesifikasi motor yang sudah Anda kehendaki.
  • Jangan lupa untuk Anda lakukan pengencangan busi pada bagian kepala silinder agar dapat sesuai dengan moment kekencangannya.
  • Kemudian ketika Anda mengganti busi pada motor Anda baiknya segera Anda perhatikan ukuran ulirnya. Karena ulirnya juga akan menentukan berfungsi tidaknya busi yang Anda gunakan tadi.
  • Jadi jika ukuran dari businya memang terlalu pendek maka tentunya arang dari busi Anda akan menutupi bagian ulir lubang busi dimana hal ini akan mengakibatkan mesinnya cepat mengalami kerusakan.

Baca Juga : Ganti Busi Mobil Harus Hati-hati. Jangan Sepelekan Ini!

Anda yang sedang butuh suatu barang dengan budget besar secara mendesak namun kondisi keuangan masih tidak memungkinkan Anda bisa gunakan fasilitas membeli kredit di AKULAKU.

Terdapat berbagai keuntungan yang Anda bisa dapatkan dengan kredit AKULAKU mulai dari kredit tanpa kartu kredit, sistem kredit yang sangat mudah dan masih banyak keuntungan yang lain.

Jadikan keuntungan tersebut terintegrasi dalam melakukan manajemen finansial rumah tangga. Oh ya, ada keuntungan yang lain dengan berbelanja di AKULAKU. Anda bisa dapatkan diskon up to 700 ribu rupiah dengan kode voucher AIDIA 1. Selamat berbelanja!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password