Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

otoRev – Mesin kendaraan bermotor 2 tak tentunya berbeda dengan mesin kendaraan bermotor 4 tak. Hal ini karena mesin kendaraan bermotor 2 tak biasanya tidak memiliki komponen katup sementara kendaraan bermotor 4 tak sudah hadir dengan berbagai mekanisme katup didalamnya.

Komponen – komponen dari mekanisme katup ini terdiri atas berbagai hal mulai dari camshaft, valve lifter, push rod, rocker arm, valve spring dan juga valve atau katup itu sendiri. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan berbagi informasi tentang camshaft itu yang seperti apa dan bagaimana. Camshaft merupakan suatu poros nok atau noken as yang terletak pada bagian head cylinder akan tetapi pada tipe OHV atau Over Head Valve, biasanya camshaft terdapat pada bagian blok silinder. Mengenai bagaimana fungsinya berikut fungsi camshaft atau noken as pada mesin motor yang Anda perlu tahu!

Fungsi Camshaft Atau Noken As Pada Mesin Motor

Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

Camshaft atau suatu mekanisme katup pada kendaraan bermotor fungsinya adalah untuk membantu mengatur durasi atau lamanya buka tutup katup ketika proses kerja motor sedang berlangsung. Akan tetapi fungsi camshaft ini sebenarnya tak hanya untuk mengatur durasi bukaan katup akan tetapi fungsi camshaft juga untuk melakukan berbagai hal berikut ini meliputi :

  • Membuka dan menutup katup atau valve sesuai dengan urutan FO (Firing Order) atau sesuai dengan urutan pengapiannya.
  • Dalam rangka menggerakkan fuel pump atau suatu pompa bahan bakar yang masih mekanik, fungsi camshaft ini juga diperlukan.
  • Untuk membantu dalam memutarkan distributor karena poros distributor secara langsung terhubung dengan gear penggerak distributor yang dapat Anda temukan pada bagian elemen camshaftnya.

Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

Pada mesin sendiri katupnya terdiri atas dua macam yaitu katup hisap atau intake valve dan katup buang atau exhaust valve. Ketika bukaan katup pada katup hisap durasinya lama saat langkah hisap maka bahan bakar yang terhisap dan masuk ke dalamnya juga semakin banyak. Jadi ketika bukaan katup buang lebih lama maka kemudian gas hasil pembakaran bisa dibuang seluruhnya atau juga sebaliknya. Akan tetapi dari kedua katup ini tak boleh terlalu lama karena justru akan membuat kompresi mesin menjadi bocor atau tenaga mesin mengalami gembos.

Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

Fungsi camshaft atau noken as pada motor Anda bisa berfungsi ketika cara kerjanya sudah tepat. Cara kerja camshaft sendiri untuk menjalankan fungsi camshaft akan didapatkan denga posisi camshaft yang menekan atau tidak menekan. Ketika posisi camshaft menekan rocker arm maka kemudian tekanan yang berasal dari poros nok akan disalurkan dalam rangka membantu menekan rocker arm kemudian rocker arm tersebut akan bertugas menekan katup. Ketika katup sudah tertekan oleh rocker arm, katup akan secara otomatis terbuka. Kemudian ketika camshaft tidak menekan rocker arm maka tak akan ada tekanan yang akan menekan rocker arm sehingga katup tidak akan membuka.

Jika fungsi camshaft kendaraan bermotor Anda sudah mengalami masalah, Anda harus segera mencari solusinya. Anda juga bisa mengganti fungsi camshaft di AKULAKU dan  tentunya sangat recommended banget jika Anda berbelanja di AKULAKU. Selain beberapa produk diatas, Anda juga bisa temukan brand – brand terbaik dengan produk berkualitas global di AKULAKU seperti produk teknologi dari LG, Asus, Acer, Sony, Huawei dan berbagai produk dari vendor berskala global semuanya bisa Anda dapatkan di AKULAKU.

Masih ragu belanja di AKULAKU? No no no! Eits, belanja di AKULAKU bisa dapatkan diskon up to 700.000 rupiah lho. Gimana caranya? Mudah banget! Cukup gunakan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon menariknya. Happy shopping!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password