Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

otoRev – Sebenarnya tidak hanya mobil, motor juga memiliki komponen yang bernama CDI. Fungsi CDI memang sangat besar pada sebuah kendaraan bermotor termasuk mobil dan motor namun motor atau mobil dengan CDI tetap saja memiliki kelemahan dan kelebihan.

CDI sendiri sebenarnya merupakan pengaturan waktu meletiknya api di busi yang nantinya akan membakar bahan bakar yang sudah dipadatkan oleh suatu piston mesin.

Cara kerja dari CDI sendiri didukung oleh suatu pulser sebagai dukungan sensor posisi piston yang mana signal dari pulser tersebut akan memberikan suatu arus pada SCR yang akan membuka sehingga arus yang terdapat didalam capasitor CDI akan dilepaskan.

Informasi selengkapnya tentang fungsi CDI pada mobil beserta informasi cara kerjanya dapat Anda simak berikut ini!

Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

 Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

Setelah kita membahas tentang fungsi CDI pada mobil seperti uraian di paragraf diatas, tentu kita ingin mengenal lebih dekat bagaimana cara kerja CDI dan juga seperti apa kelemahan dan kelebihan dari mobil dengan CDI ini. Oke karena itu disini kita akan membahasnya.

Prinsip kerja dari sistem pengapian CDI yang menggunakan suatu arus DC yaitu ketika kunci kontak berada pada posisi On, maka arus yang terdapat dari baterai akan mengalir menuju ke bagian saklar.

Sementara jika saklarnya on maka arus akan mengalir kembali menuju bagian kumparan penguat arus yang terdapat didalam CDI.

Yang akan memberikan peningkatan atas suatu tegangan baterai yang mulanya berada dari 12 volt DC dan akan diubah agar menjadi kekuatan 220 volt AC.

 Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

Setelahnya arus akan kembali diserahkan oleh dioda dan akan dialirkan menuju ke bagian kondensor untuk disimpan sementara waktu.

Akibat dari adanya suatu perputaran mesin ini, coil pulsa akan menghasilkan arus yang kemudian dapat menghidupkan SCR.

Sehingga akan memicu kondensor untuk bisa mengalirkan arus menuju ke bagian kumparan primer coil pengapian itu sendiri.

Kemudian arus akan diserahkan kembali oleh dioda dan dialirkan menuju ke bagian kondensor untuk disimpan sementara waktu.

Akibat dari suatu putaran mesin, nantinya coil pulsa akan menghasilkan suatu arus yang kemudian dapat berguna menghidupkan SCR sehingga akan memicu suatu kondensor dalam mengalirkan arus menuju ke bagian kumparan primer coil pengapian.

Baca Juga : Modifikasi Satria Fu dengan Balutan Air Brush yang Keren

Ketika terjadi suatu pemutusan arus yang mengalir di bagian kumparan tersebut akan timbul suatu tegangan induksi pada kedua kumparan, primer dan juga sekunder yang akan menghasilkan percikan bunga api pada busi agar dapat melakukan pembakaran campuran antara bahan bakar dan juga di bagian udaranya.

 Fungsi CDI pada Mobil Beserta Informasi Cara Kerjanya

Mobil CDI memiliki keunggulan yaitu terdapat pada bagian kestabilannya. Sistem pengapian CDI jelas lebih unggul jika dibandingkan dengan platina yang sering mengalami suatu perubahan fisik karena sifatnya yang mekanis.

Sementara kekurangan dari fungsi CDI pada mobil yaitu bentuk fisik dari suatu kumparan yang relatif besar kemudian kumparan pengapian yang dipakai harus memiliki suatu nilai indutansi yang relatif besar sehingga mengenai bagaimana tata cara kerjanya sendiri di putaran tinggi mesin akan kurang memuaskan.

Baca Juga : Mercedes Benz A-Class Jadi Mobil Paling Aerodinamis di Planet Bumi

Fungsi CDI pada mobil ada banyak sekali karena itu CDI sangat penting bagi komponen kendaraan Anda. Anda yang sedang butuh suatu barang dengan budget besar secara mendesak namun kondisi keuangan masih tidak memungkinkan Anda bisa gunakan fasilitas membeli kredit di AKULAKU.

Terdapat berbagai keuntungan yang Anda bisa dapatkan dengan kredit AKULAKU mulai dari kredit tanpa kartu kredit, sistem kredit yang sangat mudah dan masih banyak keuntungan yang lain.

Jadikan keuntungan tersebut terintegrasi dalam melakukan manajemen finansial rumah tangga. Oh ya, ada keuntungan yang lain dengan berbelanja di AKULAKU. Anda bisa dapatkan diskon up to 700 ribu rupiah dengan kode voucher AIDIA 1. Selamat berbelanja!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password