Fungsi Katup (Valve) Pada Motor Dan Jenisnya

Fungsi Katup (Valve) Pada Motor Dan Jenisnya

otoRev – Pada sebuah kendaraan bermotor termasuk pada sepeda motor, kita mengenal ada berbagai macam komponen yang terkait sebagai salah satu aksen pelengkap bagi motor tersebut agar dapat beroperasi sebagaimana mestinya. Salah satu komponen pada sebuah motor yang kita tahu adalah katup atau yang dikenal dengan istilah valve dalam dunia mesin. Fungsi katup sendiri ada berbagai macam sebagai penggerak mesin motor.

Kali ini kita akan membahas tentang fungsi katup atau valve tersebut. Akan tetapi sebelum membahasnya mari kita cari tahu dulu sebenarnya apa sih katup atau valve?

Katup atau valve sebenarnya merupakan suatu komponen yang terdapat pada mesin dan terpasang di bagian kepala silinder yang akan bergerak sesuai dengan langkah dari piston.

Katup ini hanya terdapat pada mesin 4 tak atau mesin 4 langkah sementara mesin 2 tak tidak menggunakan katup. Mengenai fungsi katup atau valve pada motor dan jenisnya apa saja bisa Anda simak berikut ini!

Fungsi Katup (Valve) Pada Motor dan Jenisnya

Fungsi Katup (Valve) Pada Motor Dan Jenisnya

Dalam katup atau valve ada dua jenis valve yaitu katup intake dan exhaust. Keduanya memiliki fungsi dan peranan yang berbeda – beda.

Fungsi katup intake adalah untuk membantu mengatur masuknya campuran udara dan juga bahan bakar menuju area mesin. Sementara fungsi katup exhaust adalah untuk mengatur keluarnya gas buang sisa hasil pembakaran dari mesin.

Itulah fungsi katup intake dan katup exhaust pada sebuah motor. Pada katup intake, jenis katup yang satu ini hadir dengan diameter yang lebih besar dibandingkan dengan katup exhaust.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk dapat membantu memaksimalkan aliran bahan bakar yang masuk ke dalam mesin.

Baca Juga : Fungsi Camshaft atau Noken As pada Mesin Motor

Sementara untuk katup exhaust hadir dengan diameter yang jauh lebih kecil karena memiliki gas buang yang lebih mudah keluar dari mesin dengan dorongan piston.

Gas buang dari katup ini juga hadir dengan tekanan yang tinggi sehingga tidak akan sulit keluar dari mesin walau terdapat diameter yang jauh lebih kecil.

Fungsi Katup (Valve) Pada Motor Dan Jenisnya

Jenis mekanisme katup pada mesin terbagi atas dua jenis yaitu jenis OHV atau Overhead Valve dan juga jenis OHC atau Overhead Camshaft.

Overhead Valve merupakan suatu rangkaian katup yang terbilang cukup rumit karena letak katup yang berada didalam suatu blok silinder.

Hal ini karena camshaft yang secara langsung terhubung bisa dengan sproket roda gigi crankshaft ketika perlu menekan suatu valve lifter dan juga pushrod sebelum katupnya digerakkan.

Sementara pada rangkaian OHC akan anda temukan perbedaan. Pada overhead camshaft atau OHC katup dan juga camshaft berada pada bagian kepala silinder mesin.

Hal ini menjadikan suatu rangkaian dari katup OHC sangat mudah untuk ditangani. Sistem ini nantinya akan ditetaskan untuk menggantikan suatu sistem OHV yang rangkaiannya jauh lebih rumit.

Baca Juga : Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Fungsi Katup (Valve) Pada Motor Dan Jenisnya

Itulah fungsi katup atau valve pada motor dan jenisnya yang Anda harus tahu. Anda yang sedang mencari berbagai produk kebutuhan termasuk sparepart atau aksesoris motor Anda lainnya, mulai sekarang bisa banget berbelanja online secara mudah hanya di AKULAKU.

Dapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan dalam melengkapi fase penting dalam hidup bersama AKULAKU. Mulai dari kebutuhan pernikahan, barang dan perlengkapan merawat bayi, alat – alat sekolah dan pendidikan sampai dengan perlengkapan wirausaha, semuanya dapat Anda temukan di AKULAKU.

Oh ya, bagi Anda yang berbelanja di AKULAKU dapatkan diskon belanja dari Aidia Network bersama AKULAKU sampai dengan 700 ribu rupiah menggunakan kode voucher Aidia1. Selamat berbelanja!

[Form id=”63″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password