Fungsi Kick Starter Pada Motor Matic

fungsi kick starter pada motor matic

otoRev – Mungkin diantara Anda masih ada yang bertanya –  tanya mengapa meskipun ada electric starter, motor matic juga masih menyertakan kick starter. Padahal electric starter lebih mudah dan simpel digunakan tanpa harus mengeluarkan tenaga lebih dalam menghidupkan mesin motor.

Namun sebenarnya fungsi kick starter pada motor matic tidak sesimple itu. Karena itu kebanyakan motor matic meskipun dilengkapi dengan electric starter, tetapi keberadaan dari kick starter sendiri masih tetap dipertahankan. Walaupun memang secara fungsi, fungsinya tetap sama tetapi penggunaan kick starter tentu memiliki manfaat yang jauh lebih baik. Berikut apa saja fungsi kick starter pada motor matic yang Anda harus tahu!

Fungsi Kick Starter Pada Motor Matic

Ya seperti yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, bahwa pada sebuah motor termasuk motor matic sudah ada kick starter disamping tersedia electric starter. Ketika Anda gunakan kick starter untuk menyalakan mesin tentu secara otomatis Anda akan ikut dapat menggerakkan beberapa komponen yang ada didalam mesin. Kondisi ini sendiri sangat baik untuk kendaraan bermotor yang sudah tidak digunakan bahkan sejak di malam harinya.

 Fungsi Kick Starter Pada Motor Matic

Adapun mengenai beberapa manfaat dari penggunaan kick starter diantaranya meliputi :

  • Mampu menghemat aki motor
  • Mampu menjaga sirkulasi oli didalam mesin
  • Menjadi opsi lain ketika aki sedang kehabisan daya

Kick starter sendiri pada sebuah motor sangat bermanfaat penggunaannya bagi motor yang jarang dipakai. Hal ini juga bisa membuat sirkulasi dari oli yang sudah lama mengendap di area bawah mesin kembali dapat melumasi komponen yang lain. Selain itu juga tentu bisa digunakan mengirit penggunaan listrik pada motornya.

 Fungsi Kick Starter Pada Motor Matic
Selama ini memang pada umumnya orang malas menggunakan kick starter karena berbagai alasan. Termasuk alasan harus distandar dua lebih dulu dan hal ini menurut beberapa pengendara terasa ribet. Padahal sebenarnya cukup baik dilakukan minimal satu minggu sekali, apalagi jika motor Anda tergolong motor yang jarang dipakai. Ada baiknya agar jangan sampai Anda suatu waktu starter electric bermasalah dan tidak dapat digunakan kemudian Anda tidak dapat menggunakan kick starternya karena sudah mengeras akibat jarangnya pemakaian.

 Fungsi Kick Starter Pada Motor Matic
Kick starter juga bisa berkarat. Kondisi kick starter yang berkarat sendiri juga sangat sudah digunakan. Penyebabnya mengapa kick starter dapat mengalami karatan juga adalah karena tidak pernah dilumasi dengan menggunakan oli. Akibatnya per stopper pemegang penghubung gir salah dan gir primernya akan juga berada pada kondisi berkarat. Karena itu hal – hal kurang baik yang menyebabkan kick starter bermasalah seperti ini harus segera mungkin Anda cari bagaimana solusinya.

Itu juga pentingnya menggunakan kick starter pada sebuah motor matic. Jangan sampai juga Anda menggunakannya baru ketika motor Anda rusak karena hal ini tentu dampaknya untuk jangka panjang sangatlah tidak baik. Jadi baiknya jangan sampai Anda malas untuk menggunakan kick starter pada motor Anda.

Demikian fungsi kick starter pada motor matic yang Anda harus tahu dan pahami. Anda yang sedang mencari aneka sparepart motor atau mobil termasuk juga aneka aksesoris untuk motor atau mobil, Anda bisa intip di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password