Penting untuk Kendaraan! Inilah Fungsi Kopling yang Perlu Anda Tahu

Penting untuk Kendaraan! Inilah Fungsi Kopling yang Perlu Anda Tahu

Berkendara tentulah harus juga memperhatikan bagaimana faktor keselamatan dan juga kenyamanan para pengendara lain. Ada banyak komponen yang mempengaruhi kinerja dari kendaraan. Termasuk bagaimana kinerja mesin dari kendaraan kita. Salah satu yang sangat penting merupakan kopling yang ada pada kendaraan. Sebab kopling ini memiliki peranan yang cukup penting dan dibutuhkan. Jika kopling bermasalah jelas akan mengganggu kenyamanan kita dalam berkendara. Fungsi kopling pada kendaraan berpengaruh pada lancar tidaknya kita dalam berkendara.

Sebelum berbicara mengenai fungsi kopling, ketahui terlebih dahulu apa saja komponen kopling yang ada pada kendaraan. Sebab kopling bukanlah hanya terdiri dari 1 bagian saja tetapi juga terdiri dari beberapa bagian yang mana mereka saling terpaut sama lainnya. Bagian ini merupakan clutch cover, fork kopling, kampas kopling dan juga release bearing. Masing – masing memiliki fungsinya sendiri.

Fungsi Kopling pada Kendaraan

Fungsi kopling untuk setiap kendaraan memanglah sama. baik kendaraan yang merupakan jenis transmisi manual hingga jenis kendaraan dengan transmisi otomatis. Saat mesin kendaraan menghasilkan tenaga untuk membuat kendaraan bergerak maka nanti anda membutuhkan part yang mana berguna sebagai perantara untuk menyalurkan tenaga yang sudah dihasilkan oleh mesin serta menuju transmisi. Hal ini akan membuat kendaraan anda bergerak dan memutuskan tenaga tersebut.

Kopling pada kendaraan ini juga berfungsi sebagai peredam tenaga yang disalurkan mesin ke dalam transmisi. Hal ini bertujuan agar ketika mesin mulai bergerak maka tenaga yang disalurkan tidaklah langsung besar. Tetapi perlahan atau sedikit demi sedikit menyesuaikan dengan bukaan kopling yang anda lakukan.

Kopling ini juga memiliki beberapa bagian atau komponen yang menyusunnya. Seperti misalnya clutch cover yang disebut dengan rumah kopling. Komponen ini dipasang pada fly wheel yang mana fungsinya adalah untuk dudukan kampas kopling. Selanjutnya adalah kampas koling yang disebut juga dengan disc cluthc. Komponen ini bekerja sama dengan rumah kopling agar bisa meneruskan putaran yang berasal dari mesin ke bagian input shaft dari transmisi.

Berikutnya adalah fork kopling atau disebut dengan garpu pembebas. Tugas dari komponen ini adalah untuk menerima gaya tekanan yang berasal dari release kopling. Komponennya terpasang pada rumah transmisi dan kinerjanya memang akan bergantung pada tarikan dar release kopling. Beda dengan release bearing, komponen ini merupakan bantalan yang letaknya ada di per kopling. Fungsinya adalah sebagai penekan pelat pegas yang ada pada rumah kopling. Pelat kopling ini seringkali terbuat dari bahan besi tuang. Dibuat dengan rata yang halus yang ada di bagian permukaannya.

Kopling harus dirawat dengan baik untuk bisa menunjang kinerjanya supaya tetap optimal. Selain itu, agar bisa menujang kinerja kopling ini maka perawatan juga harus dilakukan dengan benar. Beberapa perawatan tersebut adalah dengan memperhatikan setelan kopling. Ada kebebasan kopling dan juga jarak main kopling. Apabila setelan kopling ini tidak sesuai maka anda bisa melakukan penyetelan dan menyesuaikan dengan standar spesifikasi yang berasal dari pabrik.

Kemudian perawatan yang dibuthkan juga terletak pada penggerak kopling yang bertipe hydrolik. Perhatikan jumlah dan juga kualitas minyak kopling yang berada di reservoir dan di atas master silinder kopling. Periksa juga apakah ada udara yang terletak pada saluran sistem hidolik kopling kendaraan. Jika terjadi kebocoran maka sebaiknya segera dilakukan perbaikan.

Dengan memperhatikan bagaimana kondisi kopling pada kendaraan ini, maka keamanan dan kenyamanan kita dalam berkendara juga lebih terasa. Fungsi kopling ini memang untuk menghubungkan dan juga memutuskan putaran yang berasal dari mesin ke bagian transmisi kita. Lakukan servis secara rutin agar bisa menjamin keselamatan dan keamanan kita dalam berkendara.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password