Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

otoRev – Pada sebuah kendaraan bermotor kita mengenal istilah engine atau poros engkol. Poros engkol ini disebut juga dengan kruk as atau ada yang menyebut dengan istilah lain yaitu crankshaft yang sebenarnya merupakan bagian dari mesin suatu kendaraan bermotor.  Poros engkol ini pada sebuah kendaraan bermotor memiliki berbagai macam fungsi. Lantas apa saja fungsi poros engkol?

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas secara detail tentang fungsi poros engkol dan juga berbagai macam komponen yang ada didalamnya. Ya, poros engkol memiliki banyak sekali komponen dan disini akan kami uraikan secara jelas dan detail fungsi poros engkol beserta komponennya. Cek informasi selengkapnya dalam uraian berikut ini!

Fungsi Poros Engkol pada Mesin Motor dan Komponennya

Fungsi poros engkol pada sebuah kendaraan bermotor berfungsi dalam melakukan perubahan pada gerakan naik turun piston agar dapat menjadi sebuah gerakan putar. Fungsi poros engkol juga dapat membantu mengubah suatu gerakan yang berfungsi dalam meneruskan gaya putar menuju ke fly wheel kemudian selanjutnya menuju ke suatu sistem pemindah tenaga.

Poros engkol akan menerima suatu beban dan juga tekanan yang sangat tinggi ketika kendaraan akan dioperasikan. Karena itu poros engkol harus terbuat dari bahan – bahan yang kuat dan juga tahan terhadap berbagai macam tekanan. Umumnya poros engkol juga terbuat dari bahan baja dengan dukungan karbon yang tinggi. Poros engkol sendiri diletakkan diantara blok silinder dan juga karter atau bak oli yang terkait dan terhubung secara langsung dengan batang piston atau connecting rod dan juga pada bagian fly wheel kendaraan.

Dalam menjalankan fungsi poros engkol ditopang antara poros engkolnya dengan blok silindernya dengan menggunakan suatu bantalan yang disebut dengan bantalan luncur yang berfungsi dalam membantu mengurangi tingkat keausan pada poros engkol ketika sedang dioperasikan. Adapun komponen poros engkol pada mesin suatu kendaraan bermotor terdiri atas :

Crank journal

Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

Komponen crank journal ini pada fungsi poros engkol ditopang oleh bantalan luncur pada suatu crankcase atau ruang engkol dan poros engkol ini akan berputar pada area jurnalnya. Masing – masing crank journal ini memiliki berbagai macam crank arm dan juga pada bagian ujung crank arm terdapat crank pin. Apa itu crank pin?

Baca Juga : Fungsi Batang Piston Atau Connecting Rod Pada Sebuah Kendaraan Bermotor

Crank pin

Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

Crank pin merupakan suatu bagian yang ada kaitannya dengan batang piston pada bagian big end atau pada bagian dengan ujung yang besar. Posisinya antara crank pin dengan suatu crank journal dibuat tidak akan sejajar melainkan dibuat dengan serial offset.

Baca Juga : Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Balance weight

Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

Balance weight pada suatu fungsi poros engkol digunakan dalam menjamin suatu keseimbangan putaran dari sebuah poros ketika sedang dioperasikan. Anda akan temukan suatu lubang oli yang digunakan untuk membantu menyalurkan oli pelumas ke dalam sebuah crank journal, crank pin, batang piston dan juga pena piston serta berbagai hal penting lainnya didalamnya.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Seher Motor atau Piston

Itulah informasi tentang fungsi poros engkol pada mesin motor beserta apa saja komponen – komponen poros engkol yang terkait dengannya. Tertarik untuk berbelanja di AKULAKU?

Berbelanja di AKULAKU jauh lebih mudah karena saat ini AKULAKU sudah bekerjasama dengan berbagai macam pihak ekspedisi sehingga barang Anda dipastikan sampai di tempat tujuan dengan selamat. Anda bisa memilih opsi pengiriman barang menggunakan raja kirim, aCommerce, J&T Express, Pos Indonesia, dan berbagai pilihan ekspedisi yang lain. Anda bisa memilih yang sesuai dengan layanan ekspedisi terbaik di kota Anda.

Anda yang berbelanja di AKULAKU saat ini, nikmati diskon up to 700.000,00 dengan kode voucher AIDIA1. Berbelanja akan jauh lebih hemat dan menyenangkan hanya di AKULAKU belanja.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password