Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

otoRev – Pada sebuah kendaraan bermotor ada berbagai macam komponen yang bisa Anda temukan.

Salah satu komponen yang Anda bisa temukan pada sebuah kendaraan bermotor yaitu rocker arm. Rocker arm ini sama pentingnya dengan bagian permesinan yang lain.

Rocker arm pada sebuah kendaraan bermotor merupakan suatu komponen mekanisme katup yang memiliki fungsi tersendiri.

Rocker arm juga bisa disebut dengan pelatuk klep atau templar roller memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting bagi mekanisme permesinan.

Berikut apa saja fungsi rocker arm atau pelatuk katup yang Anda harus tahu pada sebuah kendaraan bermotor. Cek informasi selengkapnya berikut ini!

Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

 Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Fungsi rocker arm pada sebuah kendaraan bermotor digunakan untuk membuka dan juga menutup katup atau klep baik itu katup hisap atau katup buang.

Jadi ketika katup hisap Anda kemudian tertekan oleh rocker arm maka campuran udara dan juga bahan bakarnya bisa masuk ke dalam ruang bakar.

Sementara ketika katup buang tertekan oleh rocker arm maka gas yang didapatkan sebagai hasil pembakaran bisa keluar melalui suatu katup buang.

Baca Juga : CFMoto 650MT, Kolaborasi Pabrikan Tingkok dengan Desainer Austria

 Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Rocker arm ini terpasang pada bagian rocker arm shaft atau poros rocker arm. Jadi pada sebuah kendaraan bermotor dengan mekanisme katup tipe OHV, rocker arm ini dihubungkan dengan sebuah poros pendorong atau push rod.

Jadi jika kemudian poros nok atau cam shaft berputar dan kemudian poros nok menekan pengangkat katup atau valve lifternya maka akan mendorong batang pendorong sehingga nantinya ada kemungkinan batang mendorong berusaha memberikan tekanan pada rocker arm.

Akhirnya fungsi rocker arm akan menekan katup supaya katup tersebut dapat terbuka.

 Fungsi Rocker Arm Atau Pelatuk Katup Pada Kendaraan Bermotor

Pada sebuah mesin dengan mekanisme katup tipe SOHC, fungsi rocker arm ini akan terhubung secara langsung dengan poros nok sehingga ketika kemudian poros nok berputar dan kemudian bagian tonjolan poros menekan rocker arm maka tekanan tersebut akan kembali diteruskan oleh rocker arm untuk memberikan tekanan pada area katupnya.

Baca Juga : Loncin GP300, Motor Sport Asal China yang Bergaya Eropa

Nantinya pada bagian celah katup harus dilakukan penyetelan sesuai spesifikasinya jadi semisal lebih besar atau lebih kecil maka akan menimbulkan sebuah dampak yang tidak baik pada kinerja mesin atau pada komponen rocker arm itu sendiri.

Akan tetapi juga ada tipe mesin yang sebenarnya tidak perlu melakukan penyetelan celah katup secara manual karena Anda akan temukan bahwa celah katup tersebut sudah dilakukan penyetelan secara otomatis yaitu pada mesin yang akan menggunakan pengangkat katup dengan tipe hidrolis.

Jika Anda ingin mengganti rocker arm pada kendaraan bermotor Anda, Anda bisa membeli di AKULAKU. Atau butuh aneka sparepart bagi motor dan mobil?

Langsung beli di AKULAKU. Anda yang ingin berbelanja online secara cash atau kredit online bisa langsung berbelanja di aplikasi belanja terbaik di Indonesia yaitu AKULAKU.

AKULAKU menyediakan berbagai fitur untuk berbelanja termasuk kredit tanpa kartu kredit sehingga belanja kredit jadi lebih simple dan mudah.

Satu lagi, AKULAKU bekerjasama dengan berbagai merchant terbaik yang trusted banget sehingga jangan khawatir ada merchant yang kurang menyenangkan aktivitas belanja Anda karena AKULAKU sangat selektif dalam bekerjasama dengan merchant.

Sampai saat ini AKULAKU juga sudah mendapatkan banyak review positif sebagai trusted seller sehingga Anda akan dapatkan berbagai macam keuntungan dan kenyamanan di AKULAKU.

Jangan lupa gunakan kode voucher AIDIA1 untuk dapatkan diskon belanja up to 700.000,00 hanya di AKULAKU. Selamat berbelanja!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password