Ganti Ban Motor Kamu Jika Ada 4 Tanda Ini

otoRev.com – Ganti Ban Motor – Motor adalah salah satu sarana transportasi yang paling banyak digunakan saat ini. Menjaga kondisi motor agar tetap prima menjadi keharusan bagi setiap orang. Salah satunya adalah menjaga kondisi ban motor.

Masih banyak orang yang lalai memerhatikan kondisi ban motornya. Padahal, ban motor adalah salah satu komponen penting pada sepeda motor yang membutuhkan perhatian ekstra. Mengabaikan kondisi ban, sama saja dengan mempertaruhkan nyawa di jalanan. Oleh karenanya, kamu harus rutin mengecek kondisi ban motor serta menggantinya dengan yang baru jika itu memang diperlukan. Berikut 4 tanda yang mengharuskan kamu untuk mengganti ban motor.

4 Tanda Kamu Harus Ganti Ban Motor

1. Motif Memudar

Ganti Ban Motor

Seiring berjalannya waktu, motif ban motor akan memudar jika motor sering digunakan untuk bepergian. Hal ini dikarenakan terjadinya gesekan antara permukaan ban dengan jalan beraspal yang permukaannya kasar. Lama kelamaan, motif pada ban motor akan memudar. Ini menandakan ban motor tersebut perlu diganti dengan yang baru.

2. Ban Mengeras

Ganti Ban Motor

Seringkali di beberapa bagian ban ditemukan karet ban yang mengeras. Ini disebabkan karena perubahan cuaca dari panas ke penghujan, maupun sebaliknya. Ban yang terlalu keras akan kehilangan daya cengkramnya sehingga sangat beresiko jika tetap digunakan. Jika ada bagian ataupun keseluruhan bagian ban motor kamu mengeras, lebih baik untuk segara menggantinya dengan yang baru.

3. Ban Kadaluarsa

Ganti Ban Motor

Suka atau tidak, ban motor seperti makanan yang memiliki tanggal kadaluarsa. Beberapa jenis ban memiliki tanggal kadaluarsa yang biasanya disematkan oleh produsen. Cermati tanggal kadaluarsa ban motor kamu, lalu gantilah dengan yang baru jika sudah kadaluarsa.

4. Permukaan Bergelombang

Ganti Ban Motor

Ban yang bergelombang atau benjol juga merupakan tanda jika ban sudah tidak layak pakai dan harus segera di ganti. Jika ban sudah menginjak usia 2 tahun, sebaiknya selalu cek kondisi ban sebelum bepergian. Ban benjol disebabkan tekanan angin yang tidak sesuai standar. Ban terlalu kempes atau terlalu keras beresiko benjol, terurama saat melewati jalan yang berlubang.

Itulah beberapa tanda yang mengharuskan kamu ganti ban motor. Kamu mengalami hal yang sama? Sebaiknya segera membeli ban baru. Tidak perlu kawatir masalah uang, saat ini sudah tersedia layanan kredit tanpa kartu kredit di AKULAKU. Segera download AKULAKU App dan nikmati layanan kreditnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password