Ganti Busi Mobil Harus Hati-hati. Jangan Sepelekan Ini!

otoRev.com - Ganti Busi Mobil - Sebagi komponen penting yang berfungsi sebagai pemicu proses pembakaran pada mesin mobil, busi perlu diganti apabila sudah dalam kondisi yang tidak baik. Namun, sebelum mengganti busi, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti yang sudah tim otoRev.com rangkum di bawah ini.

otoRev.com – Ganti Busi Mobil – Sebagi komponen penting yang berfungsi sebagai pemicu proses pembakaran pada mesin mobil, busi perlu diganti apabila sudah dalam kondisi yang tidak baik. Namun, sebelum mengganti busi, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti yang sudah tim otoRev.com rangkum di bawah ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Ganti Busi Mobil

Gunakan Busi Standar Rekomendasi Pabrik

Banyak orang yang beranggapan jika mengganti busi dengan jenis yang lain dapat meningkatkan performa mesin menjadi lebih baik. Pandangan tersebut memang benar adanya, namun penggunaan busi yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin mobil tentu akan memberikan dampak buruk pada mesin.

Jika mobil kamu masih menggunakan mesin standar pabrik, sebaiknya gunakan busi yang sesuai rekomendasi. Jika dipaksakan mengganti dengan jenis lainnya akan memberikan dampak buruk, misalnya mesin jadi brebet dan bahan bakar lebih boros.

Jangan Ganti Busi Saat Mesin Panas

Jangan mengganti busi saat mesin masih panas, karena suhu mesin yang panas akan mempengaruhi volume logam. Dengan kata lain, terjadi pemuaian pada logam, baik logam busi maupun logam pada kepala silinder. Pemuaian ini menyebabkan logam menjadi mengembang, sehingga busi seolah keras untuk dilepas. Jika dipaksakan akan berakibat pada putusnya busi.

Lepas Terminal Baterai pada Mesin Berteknologi EFI

Sebelum melepas busi, sebaiknya kamu lepaskan salah satu terminal baterai. Ini memang tidak mempengaruhi proses pergantian, namun sistem EFI akan mendeteksi kesalahan jika kamu melepas busi. Akibatnya saat selesai mengganti busi, lampu check engine akan menyala.

Bersihkan Ruang Bakar Saat Busi Lepas

Jika memungkinkan, kamu bisa membersihkan ruang bakar saat busi sudah terlepas. Pembersihan ini bertujuan untuk mengangkat kerak sisa-sisa proses pembakaran di dalam ruang bakar. Untuk membersihkannya, kamu perlu alat penyemprot udara. Namun, kamu bisa melewati langkah yang satu ini jika tidak memiliki alatnya.

Jangan Terlalu Kencang Memasang Busi

Salah satu kesalahan yang paling umum adalah memasang busi terlalu kencang. Padahal logam busi tergolong lemah, sehingga mudah patah. Saat memasangnya tidak perlu ditekan terlalu kencang, cukup tambahkan sedikit putaran pengunci agar busi tidak lepas.

Setelah kamu memahami tips memasang busi, kini saatnya untuk membeli busi dengan kualitas terbaik yang tentunya sesuai dengan spesifikasi mobil. Kamu bisa membelinya via AKULAKU. Nikmati layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU yang nggak pake ribet.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password