Gaya Modifikasi Hellaflush yang Keren Tapi Nggak “Neko-Neko”

Gaya Modifikasi Hellaflush

Modifikasi kendaraan merupakan daya kreatifitas manusia dalam memenuhi kebutuhan estetisnya. Kendaraan tidak lagi difungsikan hanya sebagai alat transportasi melainkan sebagai “kanvas” untuk membuat karya yang indah. Keindahan ini tidak hanya sebatas “wow keren” saja. Pemilik kendaraan hendaknya tetap memperhatikan fungsi utamanya sebagai alat transportasi. Sebagai contoh memodifikasi kendaraan roda empat atau mobil, pemilik kendaraan haruslah tetap melihat fungsi mobil tersebut sebagai alat transportasi.

Banyak modifikator telah merubah fungsi utama dari mobil ini. “Kanvas” tidak lagi memiliki fungsi ganda. Hal ini menjadikan mobil menjadi tidak berguna, tidak bermanfaat, dan tidak berfaedah. Pemilik mobil seharusnya tetap mempertahankan fungsi alat transportasinya. Dalam bahasan ini kita akan membahas suatu modifikasi yang cukup ekstrim namun tetap dapat digunakan di jalan raya dan kali ini, hellaflush.

Chevrolet Camaro
Sumber : wallpapersafari,com

Modifikasi hellaflush sesungguhnya tidak terlalu “neko-neko” atau terlalu banyak perubahan. Pemilik kendaraan yang memodifikasi kendaraannya dengan kondisi ceper namun masih dapat digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Gaya modifikasi ini pertama kali muncul di Amerika khususnya anak-anak muda yang menyukai modifikasi gaya ceper. Beberapa bahkan memodifikasi tinggi kendaraannya hingga titik yang paling ekstrim sehingga banyak yang berkomentar “That’s hella flush!” (itu rata parah!). Kata hella merupakan kata sifat dalam bahasa non-formal masyarakat Amerika (umumnya oleh masyarakat kulit hitam Amerika) yang berasal dari kata “hell”. Perubahan “hell” menjadi “hella” sesungguhnya adalah imbuhan non-formal yang sepadan dengan maksud “very hell”. Dengan kondisi kendaraan yang hampir rata menyentuh aspal itulah kata “hellaflush” lahir.

Modifikasi hellaflush mengacu pada pemasangan roda dan ban dengan casis dan fender flare. Semakin dekat roda dengan body maka semakin “hellaflush”. Pada umumnya pemilik kendaraan memodifikasi camber dan ban yang lebar sehingga mengubah sudut dinding ban. Nah, modifikasi hellaflush ini bukanlah modifikasi kaku yang hanya itu-itu saja. Terdapat beberapa aliran dalam modifikasi hellaflush ini.

  • Flush

Flush memanfaatkan offset yang pas untuk roda. Kondisi mobil sengaja diturunkan ketinggiannya namun tidak nampak amblas. Kalangan modifikator biasanya menyebutnya dengan daili drivers. Jarak ban dan fendernya hanya setengah inchi. Pemilik kendaraan biasanya memaksimalkannya dengan ban bulat (ban donat). Gaya ini digemari oleh pecinta drifting. Modifikasi ini disukai karena memberikan efek oversteer apabila digunakan dengan kecepatan tinggi.

toyota corolla ae101
Sumber : pinterest,com
  • Mexi

Kendaraan dengan modifikasi mexi memiliki offset pelek yang menonjol keluar. Kecenderungan gaya ini mirip dengan gaya low-rider.

stance mexiflush
Sumber : radityaacs.blogspot,com
  • Tucked

Tucked memiliki style yang berbeda dari flush dan mexi. Modifikasi tucked meliliki posisi velg yang cenderung masuk ke dalam. Umumnya mobil-mobil VIP atau yang memakai air suspension memakai style ini.

proton persona gen 2 stanced
Sumber : fuelgarden,wordpress,com
  • HellaFlush

Modifikasi Hellaflush memiliki offset yang pas. Penampilan yang amblas namun masih aplikatif digunakan berkendara. Terkadang bodi mobil dibuat mentok aspal sehingga merugikan bemper dan bodi mobil.

Modifikasi Hellaflush
Sumber : speedhunters,com

Gaya hellaflush ini sangat risikan bagi kendaraan. Maka diwajibkan bagi modifikator menggunakan part-part aftermarket yang pas. Bergaya boleh, namun jangan sampai membahayakan pengendara dan kendaraannya. Mengendarai kendaraan ini pun haruslah berhati-hati. Jangan sampai kita malu karena “nyanggrok” di polisi tidur.

Sumber Featured Image : pinterest,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password