Mengenal Gaya modifikasi RWB dan Sumbangsihnya di Dunia Otomotif

Gaya Modifikasi RWB

Gaya Modifikasi RWB – Jika anda pecinta modifikasi pasti sekurang-kurangnya mengetahui apa itu RWB. Jika belum? Nah, di sinilah kita akan berbagi ilmu.

RWB adalah singkatan dari Bahasa Jerman Rauh Welt Begrif yang artinya dunia keras (rough world). Mobil-mobil RWB memiliki kesan garang dan cadas.

RWB adalah hasil karya garapan Akira Nakai. Gaya RWB mudah dikenal melalui wujudnya yang memiliki body kit dengan fender super lebar, pilihan wana mencolok, velg deep-dish, dan memiliki nama panggilan masing-masing.

nakai san rwb
Sumber : behance,net

Gaya RWB didirikan oleh Akira Nakai dan Kazuhiro “Smoky” Nagata. Pada umumnya Nakai dikenal sebagai drifter legendaris yang berasal dari negeri matahari terbit.

Nakai memegang posisi pimpinan tim AE86 dan menjadi “gangster”nya olahraga balap drift. Kendati AE86 telah membawanya menjadi legenda drift, Nakai memiliki hubungan asmara dengan Porsche.

Nakai pun bekerja di bengkel Porsche di Hachioji, Tokyo. Pekerjaan itu memberinya pengalaman untuk membongkar, memperbaiki, dan memodifikasi Porsche.

Berkat bekal tersebut Nakai akhirnya memiliki workshop sendiri yang nantinya mengenalkan dunia otomotif suatu konsep Rough World Style.

Konsep Rough World Style adalah konsep yang digunakan Nakai dalam memodifikasi Porsche menjadi RWB.

Nakai menggunakan body kit dengan fender super lebar dan spoiler “whale-tail” atau buntut paus berukuran ekstra lebar dalam modifikasinya.

Penggunaan body kit ini adalah hasil inspirasinya dari mobil balap Porsche tahun 80’, 90’, dan seri RSR sedangkan penggunaan buntut paus yang ekstra lebar ini digunakan untuk mengimbangi bodykitnya yang lebar pula.

rauh welt begriff porsche 911
Sumber : youtube,com

Daya tarik visual RWB ini tidak hanya sampai di situ saja. Nakai menggunakan velg Work Meister S1, SSR Professor SP1, atau Work Bromancer.

Kaki-kakinya pun juga ikut digubah. Nakai menggunakan suspensi RWB/Aragosta dengan adapter atau spacer. Urusan pengecatan RWB selalu menggunakan warna-warna yang mencolok.

Bagian pengecatan ini dilakukan oleh tangan kanan Nakai, Nojima. Nojima umumnya memilih warna sesuka hatinya tanpa memberi tahu customernya.

Namun apapun pilihan Nojima selalu membuat customer puas. Hal itu dikarenakan pilihan tersebut disesuaikan dengan karakter pemilik mobil.

Modifikasi RWB ini tidak dapat dilakukan pada sembarang mobil. Meskipun Nakai memahami betul mobil Porsche, RWB hanya melayani mobil Porsche klasik seperti Porsche 911 berkode 930, 964, atau 993.

Adapun persamaan dari mobil-mobil tersebut adalah memiliki air-cooled atau berpendingin udara. Inilah yang menjadikan Porsche 911 ini mobil klasik yang sederhana.

Dari kesederhanaan itulah yang menjadi titik pijakan Nakai untuk brekreasi memodifikasi Porsche menjadi RWB.

Tampilan garang dan cadar dari RWB ini tidak hanya sebagai pajangan saja. Modifikasi RWB semuanya fungsional.

Nakai berpendapat bahwa setiap RWB bukan sekedar pajangan belaka namun juga dapat digunakan untuk kendaraan di jalan raya dengan gaya.

Mobil-mobil RWB juga berani tampil di lintasan balap. Inilah keunggulan mobil-mobil RWB.

Sumber : speedhunters,com

Nakai selalu menamai setiap hasil karyanya. Hal ini dikarenakan setiap modifikasi RWB dibuat tidak sama dengan yang lainnya. Setiap mobil memiliki karakter masing-masing.

Sebagai contoh mobil Porsche 930 yang legendaris miliknya. Nakai memberinya nama “Stella Artois”. Nama ini diambil dari nama bir favorit Nakai.

Mobil yang sudah dimilikinya selama 13 tahun ini menjadi legenda karena berhasil menempuh waktu 57 detik di sirkut Tsukuba.

Kepopuleran modifikasi Nakai ini meluas ke segala benua. Nakai pun membuka cabangnya, pertama di Kansai yang kemudian merebak di Amerika dan Inggris.

Adapun beberapa cabangnya seperti di Indonesia, cabang RWB sudah ada melalui Terror Garage di bandung.

terror garage bandung
Sumber : goodrides,co

Sumber Featured Image : mppsociety,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password