Inilah 3 Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Ban Bocor Di Jalanan, Sudah Tahu Belum?

Otorev.com – Anda sebagai pengendara sepeda motor tentu harus mengetahui beberapa hal penting yang harus dilakukan saat ban bocor. Ketika mendapati ban bocor di jalan memang membuat kita jadi pusing dan binggung. Ini karena selain kita tidak lagi bisa mengendari motor, kita juga akan binggung mencari tempat tambal ban. Nah selama sebelum mendapatkan tempat tambal ban maka Anda perlu tahu bahwa ada beberapa hal yang perlu dilakukan sesaat setelah mendapati ban bocor. Inilah beberapa hal penting yang memang harus Anda lakukan ketika mengalami ban bocor di jalan.

Baca juga : Jangan Gunakan Ban Motor Terlalu Kecil, Bahaya!

Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Ban Bocor

hal penting yang harus dilakukan saat ban bocor

  1. Periksa Ban

Hal penting pertama yang harus Anda lakukan saat ban bocor adalah memeriksa ban motor. Pemeriksaan ban ini dilakukan untuk memastikan penyebab ban bocor. Penyebab ban bocor ini memang bisa beragam, dari kena paku, beban yang berat hingga pecan ban.

Nah jika mendapati ban bocor karena paku maka Anda harus mencabut dulu paku tersebut. Karena bila tidak mencabutnya maka kebocoran akan semakin parah karena kebocoran bisa meluas ke bagian ban lain. Bila Anda  memakai ban tubeless maka maka biarkan saja pakunya dan biarkan nanti tukang tamban ban yang membereskannya.

  1. Buka Baut Penahan Pentil

Setelah memastikan penyebab ban bocor, maka langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan ketika ban bocor adalah membuka baut penahan pentil. Langkah yang kedua ini dilakukan khusus motor yang memakai ban dalam. Setelah membuka baut lalu masukan pentilnya ke dalam pelek. Dengan melakukan langkah kedua ini Anda akan terhindari ban yang jebol pada bagian pentil saat mengalami ban bocor.

  1. Tuntun Dengan Pelan

Terakhir, hal yang perlu Anda lakukan ketika ban bocor di jalan yakni menuntun dengan pelan. Motor dengan ban bocor memang sebaiknya tidak dinaiki. Hal ini karena jika dinaiki bisa membuat kebocoran semakin parah, bahkan bisa merusak pelek. Alih-alih menaikinya, Anda seharusnya menuntun dengan pelan hingga bertemu tempat tambal ban.

Baca juga : Hal yang Harus Dihindari Agar Tidak Sering Pecah Ban

Inilah beberapa hal yang memang sudah seharusnya dilakukan pengendara sepeda motor saat mendapati ban bocor di jalan. Nah untuk Anda yang sedang mencari ban untuk kebutuhan sepeda motor, bisa menjadikan Akulaku sebagai tempat pembelian. Menariknya dengan membeli ban di Akulaku, Anda bisa membayarnya secara mencicil tanpa kartu kredit.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password