Hal yang Harus Dihindari Agar Tidak Sering Pecah Ban

Pecah ban di jalan sering menjadi malapetaka bagi pengendara. Terutama bagi pengendara mobil, yang pecah ban di jalan tol. Tidak jarang, pecah ban juga dapat mengakibatkan kecelakaan, loh. Ingin menghindari kendaraan Anda dari pecah ban? Simak tips-tips berikut, yah.

1. Gunakan Ban yang Sesuai

Hal yang dimaksud dengan menggunakan ban yang sesuai adalah, pertama ban yang digunakan harus sesuai dengan spesifikasi kendaraan, atau rekomendasi dari pabrik. Hal itu ditujukan agar ban yang digunakan dapat sesuai dengan kendaraan yang Anda gunakan. Tentu saja itu bisa membuat kendaraan Anda menjadi tidak sering pecah ban. Kedua, ban yang digunakan harus sesuai dengan jalan yang dihadapi. Ban yang ukurannya lebih kecil tentu akan lebih cepat rusak bila digunakan menghadapi jalur yang terjal, bergelombang, atau tidak rata.

Anda bisa mengecek di internet, jenis ban apa yang sesuai dengan kendaraan Anda. Sekarang, ban juga sudah bisa Anda beli online, loh. Agar bisa lebih murah, gunakan aplikasi Akulaku, yang memungkinkan Anda untuk membeli ban terbaik dengan cara dicicil. Selain cicilan ringan, bunganya 0 persen, loh. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan ban terbaik untuk kendaraan Anda tanpa takut harganya mahal.

Baca juga : Tips Membeli Ban Bekas yang Layak Pakai

2. Perhatikan kombinasi ban dan velg

Ada yang ingin tampil dengan velg menarik, namun ternyata tidak sesuai dengan ukuran bannya. Hasilnya, ban mudah retak, atau benjol bahkan rusak. Hasilnya akan jadi lebih cepat pecah di tengah jalan, loh. Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Akulaku untuk mendapatkan velg terbaik untuk kendaraan Anda dengan berbelanja online.

3. Tekanan ban

Ini juga penting, tekanan ban akan menjadikan pengereman maksimal apabila ukurannya tepat. Apabila kurang tepat, maka ban akan meletus, loh. Misalnya, ukurannya terlalu besar atau malah terlalu kecil.

4. Beban melebihi kapasitas

Sering naik kendaraan dengan membawa beban yang melebihi kemampuan dari kendaraan tersebut juga akan menjadikan ban cepat pecah. Wajar saja, karena sepanjang perjalanan, ban harus bertahan dalam tekanan yang melebihi kemampuannya. Jadi, hindari membawa muatan yang melebihi kapasitas yah.

5. Ban tampalan


Kendaraan Anda mengalami pecah ban, maka solusi pertama adalah ditambal dengan dibawa ke tambal ban terdekat. Namun, ingat itu adalah solusi sementara, karena kondisinya darurat. Nah, setelah itu, segera ganti ban dalam Anda, jangan membiarkan diri berlama-lama menggunakan kendaraan dengan ban tambalan.

6. Masuk Lobang

Salah satu ciri jalanan di Indonesia adalah banyaknya jalan berlubang dan bergelombang, serta tidak rata. Nah, kendaraan Anda jangan dibiarkan untuk terus-terusan masuk lubang dan sebagainya. Hal itu bisa membuat ban rusak, terutama rajutan kawat baja di dalamnya. Hasilnya, ban akan lebih mudah pecah. Tidak hanya ban, tapi kendaraan Anda juga akan lebih mudah rusak.

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password