4 Gejala Ini Menandakan Handling Mobil Anda Bermasalah

handling mobil bermasalah

Handling atau sistem kemudi adalah hal yang sangat penting pada mobil. Pasalnya, handling tidak hanya menentukan kenyamanan kenyamanan tetapi juga keamanan dalam berkendara. Performa handling yang mantap akan membuat pengendara bisa mengendalikan mobilnya dengan baik. Sebaliknya, handling yang bermasalah bisa menyebabkan pengendara kehilangan kendali hingga mengalami kecelakaan. Sesuatu yang tentu tidak kita inginkan.

Untuk itu, perawatan handling mobil wajib dilakukan oleh setiap pengendara. Pengendara mesti peka dengan handling mobil yang sudah terasa kurang nyaman karena hal itu bisa menandakan terjadi masalah pada handling mobil Abda. Berikut adalah empat gejala yang bisa Anda jadikan acuan untuk mengetahui handling mobil sedang bermasalah.

1. Kemudi Terasa Berat

kemudi terasa berat

Gejala pertama yang bisa menandakan handling mobil Anda bermasalah adalah kemudi yang terasa berat. Pasalnya, sebagian besar mobil saat ini telah dilengkapi dengan teknologi power steering yang semestinya membuat kemudi mobil menjadi ringan. Kemudi mobil yang berat bisa disebabkan oleh dua hal. Yang pertama adalah oli power steering yang berkurang. Hal ini bisa membuat kinerja power steering tidak optimal sehingga kemudi pun menjadi berat. Kemudian penyebab yang kedua adalah tali kipas yang kendor. Masalah ini juga bisa membuat kemudi mobil Anda terasa berat.

2. Getaran Kuat pada Kemudi

getaran kuat pada kemudi

Gejala kedua yang menandakan handling mobil Anda bermasalah adalah getaran kuat pada kemudi. Waspada jika Anda merasakan intensitas getaran lebih kuat dari biasanya saat Anda mengemudi. Getaran ini bisa menandakan masalah pada sistem handling Anda. Penyebabnya bisa jadi karena sistem suspensi depan yang lemah. Selain itu ada juga kemungkinan penyebab lainnya, yaitu batang penyambung atau long tie rod pada sistem kemudi yang longgar.

3. Gerak Lingkar Kemudi Berlebihan

lingkar kemudi

Gejala ketiga yang menandakan handling mobil Anda bermasalah adalah gerak lingkar kemudi yang berlebihan. Jika Anda merasakan derajat lingkar kemudi Anda lebih besar dari biasanya, Anda harus segera memeriksanya. Hal itu bisa disebabkan oleh setelan sektor shaft yang tidak tepat. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh model rack and pinion yang terlalu kendur.

4. Kemudi Sulit Dikendalikan

kemudi sulit dikendalikan

Gejala keempat yang menandakan sistem handling mobil Anda bermasalah adalah kemudi yang sulit dikendalikan. Lakukan uji coba sederhana dengan cara melepas tangan dari kemudi saat mobil tengah melaju lurus ke depan. Jika mobil berpindah jalur dengan sendirinya, bisa jadi ada masalah pada sistem spooring Anda.

Selain itu, kemudi yang sulit dikendalikan juga bisa disebabkan oleh kondisi ban yang sudah tidak ideal, misalnya tingkat keausan yang terlalu tinggi atau ukuran ban yang tidak sesuai standar. Periksa juga tekanan udara pada ban. Pastikan sudah sesuai standar yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.

Itulah empat gejala yang menandakan adanya masalah pada sistem handling Anda. Jika Anda merasakan salah satu atau beberapa gejala tersebut, segera lakukan perawatan pada mobil Anda dengan cara membawanya ke service centre.

Jika Anda mendambakan mobil mewah yang tidak hanya dibekali dengan mesin yang tangguh berbalut desain interior dan eksterior yang menawan, tetapi juga sistem handling yang prima, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Mobil-mobil keluaran Lexus menawarkan handling yang mantap. Produk keluaran pabrikan otomotif asal Jepang itu tetap bisa melaju dengan stabil meski dipacu dalam kecepatan maksimal.

Sumber Gambar : motortrend, speednik, wired, epilepsynyc

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password