Harley Davidson Street, Strategi HD Untuk Merebut Pasar Asia

Harley Davidson Street, Strategi HD Untuk Merebut Pasar Asia

Harley Davidson merupakan legenda dalam dunia industri sepeda motor dunia. Pabrikan yang bermarkas di Milwaukee, Amerika Serikat ini sudah beroperasi sejak lebih dari seabad yang lalu. Bahkan, Harley Davidson seakan sudah menjadi simbol gaya hidup yang mencerminkan ciri kehidupan ala negeri Paman Sam itu.

Kekuatan merek Harley Davidson

Touring-Streetglide-gallery-1.jpg

Keberhasilan Harley Davidson dalam menancapkan brand image sebagai sebuah merek sepeda motor yang dihormati tidak hanya dari sejarah panjang beroperasinya pabrik sepeda motor ini saja. Ada beberapa aspek lain yang menjadi pendukung kuatnya. Salah satunya adalah konsistensi menuruti selera pasar yang idealis.

Harley Davidson masih memproduksi sepeda motor dengan karakteristik yang kuat dan tidak melenceng jauh dengan apa yang sudah dirintis pendahulunya. Dari segi tampilan saja misalnya, mereka masih konsisten untuk memproduksi sepeda motor dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dari varian yang mereka produksi lebih dari 70 tahun yang lalu. Meskipun terdapat banyak pembaruan, Harley Davidson tetap berusaha mencirikan karakter kuat dari tampilan pendahulunya.

street-street-500-gallery-2.jpg

Baca juga : Tidak Melulu Mahal, Ini Seri Termurah Harley Davidson

Pabrikan sepeda motor besar ini juga masih mempertahankan teknologi mesin yang sudah dianggap lawas untuk tetap mempertahankan citranya. Misalnya, teknologi OHV dalam dapur pacu yang sudah tidak banyak dipakai produsen sepeda motor lain masih dipertahankan dengan digabungkan berbagai fitur penyempurna agar tetap bisa bersaing dengan merek sepeda motor lain. Ciri khas mesin V-Twin juga masih dipakai walaupun konfigurasi ini sudah dipakai oleh Harley hampir sekitar seabad yang lalu.

Pendekatan desain yang konservatif dan sederhana ini justru melahirkan konsumen yang fanatik. Konsumen pecinta Harley Davidson bukan hanya mereka yang tertarik untuk membeli dan mengendarainya saja, tetapi juga mereka yang menyukai personalisasi dan modifikasi karena sepeda motor ini cenderung sangat fleksibel untuk dijadikan bahan untuk di-custom.

Harley di pasar Asia

street-street-500-gallery-2-1.jpg

Baca juga : Gabung Komunitas untuk Dapatkan Suku Cadang Lawas Harley Davidson 1903

Kekuatan merek Harley Davidson menjadi salah satu senjata utama pabrikan ini untuk bertahan di kancah industri sepeda motor dunia. Harley Davidson sendiri merupakan merek yang tidak hanya populer di Amerika saja, tetapi juga di masyarakat dunia karena karisma yang dibawanya.

Meskipun di masa lalu penjualan Harley Davidson di luar Amerika bisa dibilang memuaskan, tetapi persaingan industri sepeda motor dunia saat ini semakin ketat. Apalagi, beberapa negara memiliki karakteristik spesifikasi sepeda motor yang berbeda sesuai keadaan ekonomi dan geografisnya.

Seperti di Asia, pasar penjualan sepeda motor justru didominasi jenis kendaraan berkubikasi mesin kecil. Penjualan Harley Davidson di Asia secara persentase bisa dibilang kecil karena hanya menyasar kaum menengah ke atas dan penghobi fanatik.

Dengan keadaan seperti ini, Harley Davidson mulai merubah strategi mereka. Usaha ini diawali dengan membuka sebuah pabrik di India yang diumumkan pada 2009 lalu. Keberadaan pabrik ini bisa menolong mereka dalam mereduksi harga jual agar bisa bersaing di pasar sepeda motor Asia yang sangat kompetitif.

Pabrik di India ini juga memproduksi tipe Harley Davidson Street. Seri ini merupakan tipe yang terlihat diarahkan untuk mendekati pasar Asia. Karena kapasitas mesinnya yang hanya 500 dan 750 cc, lebih kecil dari kebanyakan tipe Harley Davidson lain.

Kemunculan Harley Davidson Street ini tentu merupakan strategi jitu untuk merebut pasar. Tipe ini cukup laris untuk diekspor ke negara-negara di kawasan Asia. Di Indonesia sendiri, Harley Davidson Street cukup banyak peminatnya. Karena harganya relatif lebih rendah daripada tipe Harley terbaru lain dan karakter mesinnya yang lebih pas dengan kondisi jalanan disini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password