Helm Kedaluwarsa? Mitos Atau Fakta? Bagaimana Solusinya?

Helm Kedaluwarsa

otoRev.com – Helm Kedaluwarsa – Sebagai perlengkapan keamanan saat berkendara, helm sangat dibutuhkan bagi setiap bikers, siapapun orangnya. Ternyata, bukan hanya makanan atau minuman saja yang memiliki masa kedaluwarsa, helm juga punya lho. Tidak percaya ? berikut penjelasannya.

Awas Helm Kedaluwarsa

Apakah kamu pernah menjumpai helm baru yang dijual di pasaran dengan harga yang cukup miring? Jika iya, kamu harus hati-hati. Sekilas memang menggiurkan, namun sebaiknya jangan buru-buru membelinya. Sebab, bisa jadi helm tersebut sudah kedaluwarsa.

Helm lokal umumnya memiliki usia pakai selama dua tahun jika jarang digunakan, sedangkan jika sering digunakan, helm lokal mempunyai usia pakai selama satu tahun. Meskipun jarang digunakan, sebaiknya kamu membeli helm yang baru. Hal ini dikarenakan kondisi busa helm yang telah rapuh sehingga mudah rusak dan amblas. Meskipun bagian luar helm masih terlihat mulus, bisa dipastikan bagian busa helm sudah mulai keropos.

Sedangkan untuk helm berstandar internasional, biasanya mempunyai usia pakai yang lebih lama yaitu sekitar tiga sampai dengan lima tahun. Tergantung sebarapa sering helm dipakai. Selain itu, faktor cuaca juga sangat mempengaruhi usia pakai helm.

Lantas, bagaimanakah cara mengetahui helm yang sudah kedaluwarsa?

Masa kedaluwarsa helm biasanya dicantumkan pada bagian dalam helm. Namun, masih banyak pabrikan helm yang tidak menuliskan hal penting tersebut.

Kamu tidak perlu kawatir, karena setiap helm meskipun tidak dicantumkan tanggal kedaluwarsa, biasanya pabrik helm tetap mencantumkan tanggal pembuatan helm tersebut. Dari situ kita bisa mengetahui kapan helm tersebut dibuat, dan kapan helm tersebut akan kedaluwarsa.

Nah, agar keselamatan kita tetap terjaga selama mengendarai motor, sebaiknya selalu kenakan perlengkapan yang menunjang safety riding, misalnya jaket, sarung tangan, celana panjang, dan tentu saja helm. Cek lagi helm kamu, jika ternyata sudah memasuki masa kedaluwarsa, sebaiknya segera ganti helm kamu dengan yang baru. Tentu saja demi alasan keselamatan.

Tenang saja, jika saat ini dompet-mu sedang tipis, kamu bisa membeli helm baru secara kredit via AKULAKU. Kamu juga bisa menikmati layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU yang nggak pake ribet.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password