Ingin Hemat BBM? Tips Agar Jarang Ke Pom Bensin

hemat bbm

Hemat BBM – Konsumsi bahan bakar tentu berbeda pada setiap kendaraan roda empat. Ukuran mesin yang juga berbeda, turut mempengaruhi konsumsi bahan bakar yang dilakukan untuk menjalankan kendaraan Anda. Untuk itu, beberapa hal bisa Anda lakukan untuk melakukan efisiensi penggunaan bahan bakar. Mengingat harga bahan bakar yang terus naik, tentu akan mempengaruhi pula pengeluaran bulanan Anda.

Selain menghemat pengeluaran bulanan, efisensi bahan baka juga perlu dilakukan untuk turut serta dalam mengatasi pemanasan global. Dengan konsumsi bahan bakar yang efisien, maka emisi yang keluar juga akan bisa diminimalisir. Selain sehat untuk kondisi keuangan Anda, sehat juga untuk lingkungan bukan?

Tips Hemat BBM Agar Jarang Ke Pom Bensin

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar mobil Anda.

  1. Tekanan ban

Selalu pastikan tekanan ban Anda pada angka yang tepat. Ban yang terlalu lembek akan menghambat laju kendaraan, berefek pada kerja mesin yang lebih keras dan bahan bakar yang dikonsumsi semakin banyak. Pengecekan pada kondisi ban juga wajib dilakukan ketika suhu ekstrim sedang melanda, karena udara diadalam ban bisa memuai atau menyusut menyesuaikan suhu diluar.

  1. Tune Up

Lakukan modifikasi kecil pada bagian mesin. Konsultasilah dengan bengkel kepercayaan Anda. Beberapa teknisi dapat melakukan sedikit modifikasi agar penggunaan bahan bakar pada mesin bisa dikurangi jumlahnya, meskipun tentu akan berefek pada kecepatan maksimal mobil Anda.

  1. Saringan Udara Mesin

Lihat keadaan bagian ini dan pastikan berada dalam kondisi bersih. Kotornya saringan udara akan menyebabkan naiknya beban kerja mesin, dan tentu saja menambah konsumsi bahan bakar mobil Anda.

  1. Barang bawaan

Bawa barang seperlunya. Beban yang dimasukkan kedalam kabin atau mobil akan membuat mobil makin berat dan kerja mesin makin keras. Periksa kembali daftar barang bawaan Anda dan bawa barang yang perlu saja.

  1. Ukuran ban

Hindari penggunaan ukuran ban yang terlalu lebar. Hal ini bisa menghambat laju angin dari depan dan tentu menghambat laju kendaraan Anda. Namun pastikan ban yang Anda gunakan masih dalam ukuran standar sesuai rekomendasi bengkel terpercaya, karena ban yang terlalu kecil juga akan mengurangi kenyamanan dan keamanan Anda dalam berkendara.

Tips sederhana tadi, akan mengurangi konsumsi bahan bakar Anda. Meski berkurang tidak terlalu banyak, namun tentu akan Anda rasakan jika tips tersebut Anda lakukan setiap waktu sehingga kendaraan selalu dalam keadaan terbaik. Pemilihan mobil yang tepat tentu juga sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar.

Toyota All New Fortuner dengan berbagai fitur terbaru dan mesin terbaik siap menjadi pilihan Anda. Dengan ukuran kabin yang besar, All New Fortuner dapat menampung barang bawaan yang Anda perlukan. Selain itu, layanan servis Toyota juga selalu siap memberikan rekomendasi terbaik untuk All New Fortuner Anda.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password