Honda Super Cub C125, Perpaduan Unsur Modern dan Klasik

Honda Super Cub C125, Perpaduan Unsur Modern dan Klasik

Tak bisa dipungkiri lagi kalau seri Honda Super Cub memang jadi primadona para pengguna sepeda motor di seluruh dunia. Populasinya yang hampir merata di seluruh belahan dunia  membuktikan kesuksesan tipe ini. Bahkan, masa produksi yang tidak terputus selama lebih dari 60 tahun membuat popularitasnya semakin terjaga.

Populernya Honda Super Cub telah banyak membekas pada penggunanya. Tidak heran, jika banyak penggemar yang jatuh cinta pada tipe ini. Buktinya adalah Honda Super Cub C50 yang diperkenalkan pertama kali tahun 1960-an masih tetap laku meskipun tanpa perubahan desain berarti hingga memasuki tahun 2000-an.

15446.png
(astra-honda.com)

Melihat peluang tersebut, sepertinya Honda masih berpikiran untuk mempertahankan tipe ini. Apalagi, seri Super Cub merupakan salah satu penanda sejarah Honda yang menjadi raksasa besar pabrikan otomotif roda dua dunia.

Tahun 2018 lalu, Honda Super Cub lahir dengan desain terbaru. Seri C125 merupakan seri termutakhir Super Cub yang diproduksi massal saat ini. Meskipun mutakhir, tapi bentuk dasar Honda Super Cub era awal produksi masih sangat dipertahankan.

Bodi

27570.jpg
(astra-honda.com)

Baca juga : Spesifikasi Motor Retro Honda Andalan, Honda Super Cub

Secara sekilas saja, sudah terlihat kalau Honda Super Cub C125 ini masih tetap mempertahankan garis lekukan bodi asli seperti keluaran lawasnya. Bentuk bodi Super Cub yang menggunakan rangka tubular semi pressed steel tetap dipakai. Ketangguhan rangka jenis ini sendiri sudah terbukti selama puluhan tahun dan menjadi ciri khas Honda seri Super Cub.

Kaki-kaki sepertinya menjadi bagian yang menjadi fokus penyempurnaan. Sistem leading fork layaknya keluaran Super Cub lama digantikan shockbreaker teleskopik di bagian depan agar lebih mudah dikendalikan. Pengereman di bagian ini pun sudah menggunakan disc brake untuk mengimbangi performa mesin yang sudah naik. Velg depan-belakang menggunakan cast wheel dengan desain yang juga klasik. Unsur kenyamanan dan keamanan berpadu apik dengan unsur retro yang diusungnya.

Fitur

25003.jpg
(astra-honda.com)

Baca juga : Sejarah Honda Super Cub Sampai Jadi Sepeda Motor Terbaik di Dunia

Jangan tertipu tampilannya, tampilan klasik Honda Super Cub C125 ini menyimpan sejumlah fitur canggih yang tidak kalah dengan motor modern lainnya. Misalnya, mesin 125 cc 4-tak yang sudah dilengkapi sistem pengatur bahan bakar injeksi. Mesin ini menggunakan basis mesin ANF 125 dimana merupakan salah satu pengembangan mesin bebek Honda yang banyak dipakai di sepeda motor produksinya yang lain.

Sistem bahan bakar injeksi menjadi salah satu keunggulan dari Honda C125 Super Cub ini. Teknologi ini akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Tenaga yang dikeluarkan juga cukup besar untuk ukuran motor bebek.

Honda C125 juga sudah menggunakan sistem keamanan yang tergolong cukup tinggi. Penggunanya sudah tidak perlu menggunakan kunci kontak karena terdapat fitur keyless untuk mengoperasikan dan mematikan mesin. Semua unit penguncian ini sudah terintegrasi dengan sistem elektronik di dalam kelistrikan.

Meskipun bentuknya terlihat lawas, tapi sistem penerangannya sudah tergolong canggih. Honda Super Cub C125 sudah menggunakan lampu LED di headlamp, taillight dan lampu sein. Speedometer-nya yang terlihat berbentuk analog sekalipun sebenarnya sudah dipadukan dengan instrumen digital sebagai penunjuk indikator seperti odometer, bahan bakar dan informasi lainnya.

Dengan segala keistimewaan itu, tidak mengherankan tipe ini langsung menarik banyak pembeli saat pertama kali dikenalkan di Indonesia. Dengan bandrol yang tidak murah untuk sekelas motor bebek yaitu 55 juta rupiah, banyak pecinta motor klasik masih berminat untuk membawanya pulang.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password