Opsi Upgrade Honda Tiger Modif CB dan Aliran Custom Lainnya

Honda Tiger sudah jadi salah satu tipe sepeda motor yang cukup familiar di Indonesia.  Diproduksi sekitar 2 abad dari tahun 1993, populasi motor Honda tipe satu ini sangat dikenal luas. Belakangan, banyak penggemar motor ini semakin banyak melakukan modifikasi pada tunggangannya.

Salah satu aliran modifikasi yang banyak jadi acuan adalah tampilan klasik. Berbagai aliran custom yang muncul belakangan ikut menambah pemina Honda Tiger untuk dijadikan basis modifikasi. Selain harganya yang cukup terjangkau ketika dibeli dalam kondisi bahan, rancang bangun motor ini cukup fleksibel untuk dijadikan basis. Beberapa acuan modifikasi yang sering dilakukan biasanya adalah Honda Tiger modif CB, Tiger modif Scrambler, bahkan modifikasi motor Tiger touring dengan sentuhan lawas.

Upgrade Tiger Modif CB

Opsi Upgrade Honda Tiger Modif CB dan Aliran Custom Lainnya

Tampilan Honda CB 100 dan 125 yang jadi pendahulu Honda Tiger jadi salah satu acuan modifikasi. Hal ini disebabkan karena antara tipe tersebut merupakan varian yang dibangun dari basis mesin yang sama. Meskipun begitu, untuk mewujudkan Honda Tiger modif CB diperlukan banyak penyesuaian.

Mengganti bodi set menjadi satu keharusan. Perangkat bodi Honda CB jadi items yang wajib untuk dibeli. Mulai dari tangki, cover samping, fender, jok, lampu depan-belakang hingga speedometer perlu dipersiapkan guna mewujudkan tampang Honda Tiger berubah menjadi CB.

Baca juga : Modifikasi Motor Jap Style Honda GL Max 2000 yang Tampak Kece

Supaya makin dekat dengan tampilan CB, perlu penyesuaian pada bagian rangka. Berbeda seperti  seri GL lainnya, GL 200 alias Honda Tiger sudah menggunakan rangka dengan jenis yang berbeda. Jika sebelumnya sampai seri Megapro masih menggunakan pressed steel frame, Honda Tiger malah menggunakan pipa tubular sebagai penyangga rangka utama.

Hal inilah yang jadi pekerjaan yang cukup rumit bagi modifikator. Sebagian lebih memilih mengganti rangka dengan frame Honda CB atau GL. Tapi masalahnya, hal ini akan mempersulit pengurusan surat kendaraan. Daripada mengurusi birokrasi yang rumit, opsi memodifikasi rangka Honda Tiger bisa jadi solusi. Bagian backbone yang tertutup bodi bisa dimanipulasi dengan cover aki yang lebih besar. Subframe di bagian belakang juga perlu diubah menyesuaikan dimensi rangka Honda CB yang lebih pendek.

Modif Tiger Custom

Opsi Upgrade Honda Tiger Modif CB dan Aliran Custom Lainnya

Baca juga : Ingin Modifikasi Honda Tiger Menjadi Ala CB? Gampang Kok!

Opsi custom bisa jadi alternatif lain untuk mendapatkan tampilan klasik. Berbagai aliran modifikasi bisa diterapkan dengan teknik custom ini. Sudah banyak builder yang sukses menggarap Honda Tiger modif Scrambler, Tracker atau Jap Style.

Kebebasan dalam memilih aliran dan personalisasi tampilan yang akan berbeda dari satu motor dan motor lain jadi keunggulan ketika memilih jalan custom sebagai opsi modifikasi. Pengguna akan lebih bisa mendapatkan tampilan yang diinginkan sesuai seleranya.

Akan tetapi, untuk meng-custom motor juga diperlukan keahlian tersendiri. Dibutuhkan kemampuan lebih dari mekanik yang mengerjakan ditambah selera yang estetik. Maka dari itu, pastikan Anda sudah mempunyai konsep yang jelas dan memilih bengkel yang biasa mengerjakannya.

Custom Touring Style

Opsi Upgrade Honda Tiger Modif CB dan Aliran Custom Lainnya

Baca juga : Tambah Kompresi Piston Tiger Pakai Piston MegaPro Saja Yuk, Aman!

Opsi modifikasi motor Tiger Touring sebenarnya sudah dilakukan sejak lama. Sejak komunitas Honda Tiger marak muncul di berbagai kota sekitar belasan tahun lalu, aliran ini mulai digemari terutama oleh mereka yang senang berkendara jauh.

Belakangan, imbas wabah modifikasi custom juga memunculkan aliran touring klasik yang berbeda dari sebelumnya. Ini merupakan pengembangan aliran custom seperti Tracker atau Scrambler yang disesuaikan dengan keperluan jarak jauh. Biasanya, motor custom yang sudah jadi ditambahi beberapa perangkat penunjang kenyamanan berkendara seperti saddle bag, tipe ban yang lebih ergonomis dan beberapa part penunjang keselamatan dan kenyamanan.

Itulah beberapa opsi modifikasi untuk Honda Tiger bergaya klasik. Tidak hanya pilihan Honda Tiger modif CB, beberapa tampilan lain pun bisa didapatkan ketika bereksplorasi dengan tipe motor yang satu ini.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password