Ingin Helm Kamu Tetap Bersih dan Wangi? Lakukan Ini!

Merawat Helm Agar Tetap Bersih dan Wangi

otoRev AKULAKU – Helm adalah salah satu benda yang membutuhkan perawatan secara teratur, khususnya dalam menjaga kebersihan helm. Hal ini perlu dilakukan karena helm adalah benda yang wajib dipakai ketika mengendarai sepeda motor. Nggak mau dong helm yang kita pakai setiap hari kotor dan beraroma tidak sedap? Berikut cara merawat helm agar bersih dan wangi.

Baca juga : 3 Tips Memilih dan Membeli Helm yang Tepat dan Tidak Merugikan

Cara Merawat Helm Agar Tetap Bersih dan Wangi

1. Cuci Busa Helm 2 Minggu Sekali

busa helm

Busa helm adalah bagian helm yang sering memunculkan aroma tidak sedap, bagian ini adalah yang paling sering basah, baik oleh karena air hujan maupun dari kringat kita. Sehingga banyak bakteri penyebab bau tidak sedap hinggap di sini. Untuk mengatasi bau tidak sedap itu, kita perlu mencuci busa helm setidaknya 2 minggu sekali. Namun, apabila kamu termasuk orang yang jarang menggunakan helm, kamu bisa mencucinya 3 minggu sekali ataupun sebulan sekali.

2. Segera Keringkan Helm Setelah Kehujanan

kipasin helm

Saat kita meninggalkan helm di atas motor dan tiba-tiba hujan, pasti helm akan basah. Helm yang basah sangat tidak nyaman dipakai dan mempunyai aroma yang tidak sedap. Maka dari itu, setelah tiba di rumah, helm harus segera dikeringkan agar tidak bau. Caranya, lepas bagian busa helm, lalu keringkan dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin untuk mengeringkan helm. Tidak direkomendasikan untuk menjemur helm di bawah terik matahari karena dapat merusak kualitas busa helm.

3. Jangan Pakai Helm Jika Rambut Basah

rambut kering

Sebelum menggunakan helm, pastikan rambutmu sudah kering. Namun, jika kamu dalam keadaan terburu-buru, pakailah handuk kecil untuk melapisi kepala agar bagian dalam helm tidak basah. Kamu juga bisa menggunakan head cap agar bagian dalam helm tidak basah karena keringat dari kulit kepala.

4. Perhatikan Penyimpanan Helm

holder

Menyimpan helm juga tidak boleh sembarangan. Jangan simpan helm di tempat lembab karena dapat menimbulkan munculnya jamur dan akhirnya menjadi tempat berkembanya bakteri jahat. Simpanlah helm di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Gunakan Parfum Khusus Helm

parfum helm

Gunakan parfum agar helm-mu tetap wangi, tapi jangan gunakan sembarang parfum. Gunakanlah parfum khusus helm yang sudah dibuat khusus agar tidak merusak busa helm. Parfum khusus helm biasanya rendah alkohol, sehingga tidak berbahaya bagi kulit kepala.

Buat kamu yang pengin punya helm baru, nggak ada ruginya kalo beli via AKULAKU. Banyak model helm keren yang bisa kamu pilih. Jangan kawatir, kamu bisa kredit juga lho, di AKULAKU kamu bisa kredit tanpa kartu kredit. Kredit ga pake ribet cuma di AKULAKU.

Semoga bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password