Ini Keunggulan Mobil Bertransmisi Otomatis yang Bikin Kamu Makin Cinta!

keunggulan mobil bertransmisi otomatis

Otorev.com – Berbagai macam model dan seri mobil telah membanjiri pasar Indonesia. Mulai dari mobil ekonomis hingga kelas premium, semua memiliki segmennya sendiri dan peminat yang spesifik. Minat akan mobil bergantung dari segi harga dan tipe mobil yang bermacam-macam.

Misalnya saja tipe sedan yang erat dengan kesan mewah dan berkelas. Ada juga SUV yang berbadan kekar sehingga memunculkan citra gagah nan tangguh. Selain itu, terdapat pula tipe coupe, yang sangat identik dengan kesan penuh tenaga dan bergairah. Tentu saja pemilihan model ini sangat subjektif, tergantung dengan apa yang selera Anda inginkan.

Pemilik mobil tentu juga memiliki selera tersendiri mengenai mobil yang dikendarai. Begitu pula dengan tipe transmisi mobil Anda. Sebagian dari Anda mungkin menggemari transmisi otomatis, karena lebih simpel, mudah dikendarai, dan praktis. Namun bisa jadi tipe transmisi manual juga menjadi pilihan karena lebih responsif, hemat bahan bakar, dan bernuansa klasik.

Meskipun terdapat perdebatan yang panjang mengenai untung rugi tipe transmisi mobil, terdapat beberapa hal umum yang bisa ditarik dari perbandingan dua tipe ini. Berikut tim Otorev merangkum sedikit perbedaan dari dua tipe transmisi tersebut. Pada bagian ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai keuntungan transmisi otomatis pada mobil.

 

1. Lebih Mudah Digunakan

Ketika digunakan, transmisi manual mengharuskan Anda untuk senantiasa menyesuaikan posisi gear dengan kondisi jalan. Misalnya untuk jalan yang menanjak, gear kecil lebih tepat digunakan. Begitu pula untuk jalanan yang rata dan panjang, maka Anda akan nyaman menggunakan gear yang lebih besar. Namun untuk transmisi otomatis, Anda tidak perlu repot memindahkan posisi gear karena akan secara otomatis menyesuaikan laju kendaraan. Belajar menggunakan mobil bertransmisi otomatis juga terasa jauh lebih mudah.

 

2. Lebih Fokus

Dengan menggunakan mobil bertransmisi otomatis, Anda dapat fokus meletakkan tangan pada roda kemudi. Anda tidak perlu repot-repot menggerakkan tuas persneling yang ada di samping kiri Anda. Dengan demikian, Anda bisa makin fokus dalam berkendara.

 

3. Lebih Nyaman Untuk Area Berbukit

Untuk kondisi jalanan yang memiliki banyak tanjakan, mobil dengan transmisi otomatis memberikan banyak kemudahan. Jika dengan transmisi manual pengemudi harus menyesuaikan gear dan pandai bermain pedal kopling, dengan transmisi otomatis Anda akan sangat dimudahkan. Mobil Anda telah memiliki sistem agar selalu dapat melaju pada kondisi tanjakan seperti apapun. Selain itu, kekhawatiran mobil akan mundur ketika posisi berhenti di tanjakan dapat Anda lupakan.

 

4. Mengurangi Resiko Mesin Mati Ketika Traffic Light

Tentu kecanggungan muncul ketika mesin mobil berhenti ketika lampu lalu lintas telah menunjukkan warna hijau. Hal ini biasa terjadi untuk Anda yang baru belajar mengendarai mobil dengan transmisi manual. Anda dapat menghindari mesin mati tersebut jika menggunakan mobil bertransmisi otomatis. Lampu hijau? Lepaskan saja rem, maka mobil Anda akan secara otomatis melaju pelan.

 

5. Praktis Ketika Jalanan Padat

Melaju, berhenti, melaju, menurunkan kecepatan, menaikan kembali, dan berhenti mungkin bukan masalah besar ketika berada pada jalan bebas hambatan yang lengang. Namun ketika jalanan padat, tentu hal ini akan sangat melelahkan. Proses menginjak pedal kopling berulang kali ini akan memakan waktu Anda. Terlebih jika mesin mati karena gas terlalu kecil. Hal ini tidak akan terjadi dengan mobil bertransmisi otomatis. Anda akan merasa lebih praktis dan mudah ketika berhadapan dengan jalanan yang padat.

5 keuntungan tadi bisa Anda dapatkan ketika Anda berkendara dengan mobil tipe transmisi otomatis. Di dunia yang serba praktis seperti sekarang, tentu menggunakan mobil matic  akan sangat memudahkan Anda dalam beraktivitas.

Terlebih jika yang Anda gunakan adalah mobil dari Lexus. Dengan desain mewah dan elegan, disertai kabin yang akan menjamin perjalan Anda selalu terasa nyaman, tentu akan membuat hari Anda lebih menyenangkan untuk dijalani. Anda dapat mengetahui lebih lanjut mengenai beberapa tipe dengan transmisi otomatis Lexus di www.lexus.co.id atau dengan mengunjungi showroom terdekat.

Sumber gambar: gtcarlot, solusipost.blogspot, thetruthaboutcars, mid-day, crazyfordogs, yourmechanic, autonetmagz,

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password