Ini Tanda Tanda Kamu Harus Ganti Busi Mobil

tanda kamu harus ganti busi mobil

otoRev.com – Tanda Kamu Harus Ganti Busi Mobil – Merawat kendaraan bermotor perlu dilakukan secara berkala, baik motor maupun mobil. Bukan hanya part-part yang berukuran besar saja yang membutuhkan perhatian, part penting berukuran kecil seperti busi juga perlu mendapat perhatian khusus.

Busi adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk memicu proses pembakaran. Dapat dikatakan, busi adalah salah satu komponen vital pada mesin. Jika busi bermasalah, kinerja mesin secara keseluruhan akan terganggu karena proses pembakaran yang kurang sempurna. Berikut adalah beberapa gejala yang akan muncul jika busi mobil kamu bermasalah.

Tanda Tanda Kamu Harus Ganti Busi Mobil

Mesin Sulit Dihidupkan

Mesin mobil akan terasa lebih sulit dihidupkan jika dibandingkan biasanya. Meskipun hal ini tidak menjamin jika penyebabnya adalah busi yang bermasalah. Namun, ciri-cirinya dapat dikenali saat mobil dinyalakan pada pagi hari saat mesin masih dingin. Hal ini karena api yang berasal dari busi akan memengaruhi proses pembakaran di mesin. Untuk menyalakan mesin saat dalam kondisi dingin membutuhkan busi yang masih berfungsi dengan baik, dengan kata lain mampu menghasilkan api yang cukup kuat.

Suara Mesin Brebet

Suara mesin yang brebet adalah gejala khas yang muncul akibat busi yang sudah rusak. Ini karena perubahan kecepatan mesin akan membuat RPM mesin naik dan mesin bekerja dengan lebih cepat. Akibatnya busi harus bekerja dengan lebih cepat. Pada busi yang telah berumur atau rusak, maka akselerasi akan sedikit lebih telat atau bahkan terdengar suara brebet yang bisa membuat mesin mati secara tiba-tiba.

Ujung Busi Hitam dan Berkerak

Memang wajar jika busi berwarna hitam karena efek dari proses pembakaran. Yang tidak wajar adalah ketika busi mobil kamu berkerak atau basah karena ada tetesan oli. Ini menandakan jika ada masalah yang terjadi pada mesin mobil. Kerak pada ujung busi dapat disebabkan oleh proses pembakaran yang tidak sempurna. Jika ujung busi berkerak, sebaiknya segera diganti agar tidak mengganggu proses pembakaran di mesin.

Kamu bisa membeli berbagai merk busi berkualitas via aplikasi AKULAKU. Nikmati layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU yang nggak pake ribet.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password