Jangan Panik! Inilah Tindakan Darurat Saat Mobil Mogok

tindakan darurat saat mobil mogok

Tindakan Darurat Saat Mobil Mogok – Mogok adalah saat-saat yang paling menyebalkan saat mengendarai mobil pribadi. Tak jarang, kondisi ini bisa menyebabkan Anda panik dan tidak berpikir rasional. Melalui artikel ini, kami akan berikan beberapa ulasan mengenai penyebab mobil mogok yang sering dialami serta bagaimana cara mengatasinya. Simak ulasan singkatnya berikut ini!

Tindakan Darurat Saat Mobil Mogok

mobil mogok karena panasnya radiator

1. Cek kondisi kelistrikan mobil

Mobil mogok memiliki beragam faktor penyebab, salah satunya adalah aki. Berfungsi untuk mengaliri listrik ke seluruh komponen mobil, aki menjadi sangat penting untuk diperhatikan saat mobil Anda mogok. Cara sederhana untuk mengecek tegangan aki adalah dengan alat pengukur listrik. Namun jika tidak ada, Anda bisa mengetesnya dengan memanfaatkan komponen mobil yang membutuhkan aliran listrik. Salah satunya, Anda bisa menekan tombol klakson dalam kondisi normal atau tidak.

2. Indikator suhu mesin

Banyak kejadian mobil mogok yang disebabkan oleh kondisi suhu mesin yang berlebihan. Salah satu cara mengeceknya adalah dengan membuka kap mobil dan periksa kondisi air radiator. Perlu Anda ingat untuk tidak membuka penutup air radiator ketika mesin dalam kondisi panas. Lalu, jika air radiator di mesin anda sudah menipis, segera isi dengan air sampai batas pengisian maksimal. Proses pendinginan mesin bisa Anda lakukan sekitar 30 menitan.

3. Hubungan arus pendek atau konsleting

Konsleting biasa terjadi karena ada bagian kabel yang terkelupas, lalu sambungan kabel tersebut bersentuhan dengan kabel lainnya. Konsleting akan menyebabkan sekring kelistrikan di komponen mobil Anda terputus, sehingga mobil mendadak berhenti dan sulit dihidupkan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa beberapa sambungan kabel yang ada di mobil Anda. Jika mobil Anda beberapa kali punya masalah di komponen kelistrikan, usahakan untuk tidak hanya memperbaikinya, tetapi segeralah menggantinya dengan yang baru.

Ketiga penyebab utama mobil mogok tersebut tidak mungkin terjadi pada mobil-mobil keluaran terbaru. Komponen arus kelistrikan, dapur pacu, sistem pengapian, hingga sistem bahan bakar sudah terintegrasi dalam teknologi canggih berstandar internasional. Salah satu mobil dengan spesifikasi yang tangguh adalah Toyota Fortuner. Tidak hanya komponen mesinnya saja yang terbukti tangguh di segala medan, Fortuner juga menyajikan desain interior yang sangat nyaman. Bersama Toyota Fortuner, Anda bisa berkendara dengan aman tanpa takut mobil Anda mogok di jalanan.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password