Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

jenis pelumas mobil

Otorev – Urusan perawatan mobil bisa dibilang gampang – gampang susah. Susahnya karena ada banyak sekali komponen yang harus diperhatikan, tetapi akan gampang apabila sudah mengerti dan paham betul poin utamanya. Salah satu hal yang wajib dan sangat krusial sekali dalam perawatan kendaraan adalah pelumas mobil.

Faktanya, pelumas mobil ini tak serta merta punya satu jenis yang bisa dipakai untuk semua. Setidaknya ada 4 jenis pelumas mobil yakni pelumas transmisi, pelumas mesin, pelumas power steering, dan pelumas rem. Ke-4 pelumas tersebut memiliki peranannya masing – masing. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

Pelumas mesin

Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

Ini adalah jenis pelumas mobil yang biasanya dipakai untuk merawat bagian mesin mobil, sehingga bisa mengurangi gesekan antar komponen dan membersihkan serpihan yang diakibatkan oleh gesekan tersebut. Pelumas jenis ini memiliki 3 jenis pelumas berdasarkan bahan dasarnya, yakni pelumas sintetik, pelumas mineral, dan pelumas semi sintetik.

Untuk urusan pergantian pelumas, Anda tak harus berpatokan pada berapa periode sekali harus diganti. Silakan perhatikan jarak tempuh yang digunakan dari odometer. Normalnya, penggantian pelumas disarankan pada jarak 5.000 – 7.000 km untuk menjaga kondisi mesin agar tetap prima. Tapi apabila medan yang dilakui cukup ringan dan datar, pelumas mesin sintetik Anda juga bisa bertahan hingga 10.000 km.

Pelumas transmisi

Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

Pada dasarnya jenis pelumas berikut ini dibagi menjadi dua, yakni pelumas manual dan matik. Beda penggunaannya juga ada pada tipe mobil itu sendiri, yakni mobil manual atau matik. Umumnya pelumas transmisi pada mobil manual memiliki jalur hidup lebih pendek dibandingkan dari pelumas matik. Apalagi pelumas matik bisa awet sampai 20.000 km, maka pelumas transmisi pada manual harus segera dicek saat mendekati 8.000 – 10.000 km.

Pelumas rem

Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

Sebab fungsinya ada kaitannya dengan keselamatan saat berkendara, maka jenis pelumas ini patut dipantau dengan benar soal periode pergantiannya. Yang perlu Anda perhatikan di sini adalah jangan sampai memilih pelumas yang mudah berubah dalam suhu tinggi atau rendah dan bisa melindungi rem mobil dari bahaya berkarat. Biasanya pelumas rem memiliki beberapa jenis grade yang berbeda dan dinyatakan dengan satuan DOT atau Department Of Transportation. DOT ini merujuk pada nilai – nilai titik didih dari pelumas jenis tersebut untuk bisa meredam panas ketika proses pengereman.

Pelumas power steering

Daftar Jenis Pelumas Mobil Terbaik Untuk Menjaga Kondisi Kendaraanmu Tetap Prima

Ini adalah rangkaian sistem kemudi kendaraan yang sudah dilengkapi dengan sistem hydraulic untuk ringankan beban di stir mobil. Sementara itu dalam sistemnya sendiri, power steering terdiri atas beberapa bagian seperti pinion dan rack, juga komponen yang lain. Manfaat dari pemberian pelumas power steering pastinya untuk melumasi semua bagian tersebut, sehingga Anda bisa tetap nyaman berkendara dan tak perlu lagi menambahkan masa otot pada bisep atas dan bawah secara berlebih. Masa pergantian pelumas jenis ini hampir sama dengan pergantian minyak rem, yakni biasanya dilakukan setiap 25.000 km atau sekitar 2 tahun sekali.

Nah, dari 4 jenis pelumas di atas, Anda sudah tahu kan pelumas yang patut Anda perhatikan untuk menjaga kondisi mobilmu agar tetap prima? Pastinya tak ingin jika tiba – tiba ada bunyi aneh terdengar yang ujungnya berpotensi memakan biaya yang banyak. Lebih baik mencegah dengan selalu memperhatikan daur hidup setiap jenis pelumas dan menggantinya secara rutin. Untuk mendapatkan 4 jenis pelumas di atas, Anda bisa membelinya di beberapa toko yang menyediakan berbagai aksesoris atau spare part mobil di sekitar tempat Anda tinggal.

Agar lebih hemat lagi, Anda bisa memilih toko yang sudah bermitra dengan AKULAKU, sehingga Anda bisa menikmati layanan pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Sebab, AKULAKU baru – baru ini meriliskan fitur terbarunya yakni AKULAKU Kredit Offline yang bisa dinikmati para nasabahnya saat berbelanja offline dengan cicilan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password