Cara Cegah Kampas Kopling Mobil Cepat Aus Super Jitu

kampas kopling mobil cepat aus

otoRev – Pada sebuah mobil kopling merupakan piranti yang fungsinya adalah digunakan untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda ketika kanvas dan pelat kopling merapat ke poros engkol sebuah mesin kendaraan. Begitu juga yang sebaliknya, jadi ketika kanvas dan juga pelat kopling merenggang dari bagian poros engkol maka nantinya aliran tenaga akan terlepas.

Jika mobil dipaksakan terus berjalan, tentunya kanvas kopling akan mengalami kerontokan atau bahkan berpotensi untuk terbakar dimana hal ini tentu akan sangat berbahaya. Namun anda bisa mencegahnya dengan beberapa cara. Berikut bagaimana cara cegah kampas kopling mobil cepat aus yang Anda harus tahu dan pahami!

Cara Cegah Kampas Kopling Mobil Cepat Aus

Hindari menggantung pedal kopling

Cara Cegah Kampas Kopling Mobil Cepat Aus

Ketika jalanan sedang dalam kondisi macet mereka tidak ingin mesin mobil mati biasanya mereka akan melakukan cara menggantung pedal setengah atau disebut dengan menggantung kopling. Tindakan yang dilakukan dengan menggantung kopling ini lebih sering dilakukan juga ketika mobil melaju di jalanan menanjak yang macet. Menginjak pedal kopling yang nanggung ini akan menimbulkan terjadinya gaya gesekan secara tinggi di kanvas kopling dimana pada akhirnya aus akan semakin cepat terjadi. Orang banyak mengatakan pada umumnya cara ini merupakan sebuah langkah yang tepat agar  mesin mobil Anda tidak mati. Sebenarnya cara ini tidaklah salah dan bermanfaat hanya saja juga menimbulkan kerugian.

Posisi gigi transmisi mobil sesuai dengan kecepatan

Cara Cegah Kampas Kopling Mobil Cepat Aus
Kebiasaan salah yang seringkali dilakukan oleh para pengemudi mobil adalah menggunakan gigi transmisi yang tidak sesuai dengan kecepatan mobil. Jadi semisal posisi gigi berada di angka empat namun kecepatan mobil hanya 20 km/jam. Atau sebaliknya mobil melaju dalam kecepatan tinggi namun posisi gigi di dua atau tiga. Jadi baiknya menggunakan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan mesin karena cara ini akan membuat kerja kopling akan lebih ringan.

Atur ketinggian pedal kopling secara tepat

Cara Cegah Kampas Kopling Mobil Cepat Aus
Seringkali pedal kopling yang terlalu tinggi berarti bahwa pengemudi harus injak pedal sampai mentok ke bagian lantai mobil akan tetapi memang terasa belum mentok. Kondisi yang seperti ini sangat tidak dianjurkan. Akan tetapi Anda juga harus tahu bahwa ketika Anda memposisikan pedal kopling terlalu pendek yaitu baru Anda injak sedikit sudah terasa mentok ini juga tidak akan bagus. Jadi posisi yang ideal adalah masih ada suatu jarak bebas ketika pedal kopling diinjak dan kemudian dilepaskan.

Yang dimaksud jarak bebas ini merupakan jarak antara pedal ketika diinjak sampai terasa menyentuh sesuatu. Untuk mengetahui ada atau tidaknya jarak bebas tersebut caranya juga cukup mudah. Anda bisa rasakan ketika pedal yang diinjak kemudian Anda lepaskan secara perlahan pada injakan kaki yang mengalami pedal. Jika posisi injakan Anda sebatas masih dalam takaran 50 persen, akan tetapi laju dari mobil Anda telah terasa bertambah itu artinya pengaturan posisinya sudah tepat. Jarak bebas yang seperti ini sangat penting karena jika tidak maka gesekan yang terjadi di area kanvas kopling akan lebih tinggi walau pedal kopling tidak diinjak. Tentu hal ini mengakibatkan kanvas cepat aus dan release bearing cepat mengalami kerusakan.

Itulah bagaimana cara cegah kampas kopling mobil cepat aus yang Anda harus tahu. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password