Kamu Harus Tahu, Ini Tanda Kampas Rem Mobil Harus Diganti yang Baru

kampas rem mobil

Otorev.com – Saat servis berkala, tidak jarang ada komponen mobil yang perlu diganti. Misalnya saja kampas rem mobil. Bahkan bisa dibilang kampas rem adalah salah satu komponen mobil yang cukup rutin diganti.

Belum lagi jika kamu sering berkendara di jalanan macet dan kerap menginjak pedal rem. Bisa dipastikan, intensitas penggantiannya akan lebih sering lagi.

Tidak sulit untuk mendapatkannya kini. Kamu bahkan bisa membelinya secara kredit tanpa kartu kredit. Tapi yang namanya konsumen sebisa mungkin pasti ingin berhemat.

Jadi untuk memastikan apakah kampas rem mobilmu memang butuh diganti atau tidak, kamu harus tahu ciri-cirinya.

1. Pedal Rem Perlu Diinjak Lebih Dalam

Jika pedal rem terasa harus diinjak lebih dalam untuk mengurangi kecepatan, bisa dipastikan kampas rem mobilmu sudah tipis. Perbedaannya akan terasa kontras jika dibandingkan dengan saat baru diganti. Tidak hanya itu, waktu pengereman juga jadi lebih lama dari biasanya.

2. Keluar Bunyi Saat Mengerem

Apakah saat melakukan pengereman keluar bunyi gesekan yang cukup jelas? Jika memang iya, bisa dipastikan kampas rem mobilmu sudah hampir habis. Perlu diketahui, saat kampas rem sudah habis, yang tersisa hanya bagian logamnya saja. Logam inilah yang bergesekan dengan cakram rem hingga mengeluarkan bunyi.

3. Mobil Terasa Bergetar Saat Melakukan Pengereman

Karena kampas rem sudah habis dan hanya menyisakan logamnya saja, gesekan yang ditimbulkan antara logam kampas rem dan cakram rem sangat mungkin menimbulkan getaran pada mobil. Jika sudah parah, getaran tersebut juga akan terasa hingga setir mobil.

4. Ada Rembesan atau Tetesan Minyak Rem

Saat kampas rem sudah habis, tidak ada lagi yang menahan minyak rem. Rembesan hingga tetesannya akan semakin terlihat jelas. Jika kamu menemui ciri-ciri seperti ini, jangan terburu-buru menyimpulkan ada kebocoran pada minyak rem. Periksa kembali kondisi rem mobilmu. Karena bisa jadi masalahnya ada pada kampas rem yang memang harus diganti.

Selain keempat ciri di atas, adanya serbuk kampas rem mobil pada bagian dalam velg juga bisa menjadi indikasi bahwa kampas rem mobilmu sudah menipis. Segera ganti jika menemukan tanda-tanda seperti ini. Kamu bisa mengajukan kredit tanpa kartu kredit jika memang sedang tidak ada uang cash. Tidak perlu bingung. Di akulaku, kredit tanpa kartu kredit semudah kredit barang pada umumnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password