Kapan Waktunya Mengganti Wiper Mobil? Ketahui Tandanya

mengganti wiper mobil

Mengganti Wiper Mobil – Wiper pada mobil, adalah fitur pembersih yang ada pada bagian kaca depan atau kaca belakang mobil Anda. Keberadaan wiper sangat penting untuk menjaga gara pandangan Anda ketika berkendara senantiasa jelas dan tidak terhalang berbagai kotoran.

Bagian ini sangat berguna ketika terjadi hujan dan air yang turun menutupi pandangan Anda pada kaca bagian depan atau belakang. Dengan satu panel sederhana, wiper bisa menyngkirkan air yang mengganggu.

Namun demikian, wiper juga memerlukan perhatian. Terlebih ketika wiper mulai tidak berfungsi dengan baik dan kurang optimal. Memang keadaan wiper dipengaruhi oleh berbagai kondisi seperti suhu udara, kelembaban karet wiper, keadaan engsel wiper, dan lain sebagainya.

Ketika wiper sudah tidak berfungsi dengan ideal, tentu sebaiknya Anda melakukan perawatan atau melakukan penggantian. Lalu kapan saat yang tepat untuk melakukan perawatan atau penggantian wiper? Disadur dari laman scottclarkstoyota.com, tim Otorev merangkumnya untuk Anda.

Kapan Waktunya Mengganti Wiper Mobil

  1. Masalah Karet

Perhatikan keadan karet yang menempel pada bagian wiper. Jika kondisinya masih halus dan rata, berarti wiper masih dalam keadaan baik. Namun jika telah terdapat retakan pada karet wiper, maka ini waktu yang tepat untuk Anda melakukan penggantian.

  1. Lecet pada kaca film

Ketika Anda berada pada kondisi hujan, lihat kaca mobil Anda. Apakah ada noda yang tidak bisa hilang ketika wiper Anda aktifkan? Jika ada, mungkin kondisi wiper Anda sudah tidak optimal, sebab wiper Anda mulai melukai kaca film mobil. Sebaiknya segera lakukan penggantian wiper dan perawatan kaca film.

  1. Suara wiper

Normalnya, ketika wiper diaktfikan akan menimbulkan sedikit suara akibat gesekan kaca dan karet wiper. Namun jika bunyi yang ditimbulkan tidak wajar dan gerakan wiper tersendat, mungkin ada yang tidak beres dengan wiper Anda. Segera kunjungi bengkel terpercaya dan konsultasikan masalah wiper ini.

  1. Bengkoknya besi wiper

Tentu sangat jelas, ketika besi kerangka wiper sudah bengkok, maka daya jangkaunya akan berkurang. Meski mungkin bisa Anda normalkan kembali dengan meluruskannya, namun sebaiknya lakukan penggantian. Wiper seperti ini tentu sudah tidak standar dan rawan menimbulkan masalah untuk Anda.

wiper mobil

  1. Perubahan musim

Ketika musim berubah, pastikan melakukan pengecekan pada kondisi wiper. Suhu ekstrim yang menerpa wiper terus menerus akan mengakibatkan karet pada wiper cepat aus dan rusak. Sebaiknya pastikan keadaan wiper Anda ketika pergantian musim karena suhu yang berbeda akan mengurangi performa wiper Anda.

Dengan melakukan beberapa tips diatas, patikan kondisi wiper mobil Anda selalu dalam keadaan prima. Terlebih jika mobil Anda adalah Toyota All New Fortuner, tentu Anda akan selalu menginginkan kondisi yang prima pada kendaraan Anda. Meskipun telah dilengkapi teknologi terbaik, tidak ada salahnya kan selalu memastikan keadaan All New Fortuner Anda demi keselamatan dan kenyamanan berkendara?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password