Macam-Macam Kecepatan Pesawat Terbang

kecepatan pesawat terbang

Indonesia dikejutkan lagi-lagi karena kecelakaan pesawat terbang yang menelan korban hingga ratusan. Tentu hal ini menjadi duka untuk dunia penerbangan sekaligus membuat siapapun menjadi lebih waspada untuk memilih transportasi udara. Namun, pernahkah anda bertanya berapa sebenarnya kecepatan pesawat terbang selama ini? Mungkinkah kecelakaan terjadi juga karena kecepatan dari pesawat terbang ini?

Pesawat yang dimiliki oleh maskapai penerbangan tentu menjadi bahan pertimbangan oleh para penumpang. Terutama soal keamanan, mereka akan memilih pesawat atau maskapai yang menjamin keselamatan. Juga dengan waktu dan jarak tempuh yang bisa memenuhi kebutuhan para penumpang sampai di tempat tujuan tanpa terlambat. Berikut ini beberapa kecepatan dari pesawat terbang.

Macam-macam Kecepatan Pesawat Terbang

  1. Kecepatan di Landasan

kecepatan pesawat terbang sebelum

Pesawat terbang memiliki monitor yang biasanya terletak di depan seat dan bisa melihat informasi tentang penerbangan yang sedang kita tumpangi. Salah satu informasi yang akan anda dapatkan adalah kecepatan pesawat terbang saat di landasan dan saat di udara sesungguhnya. Jika tahun 2017 salah satu maskapai ternama seperti Garuda Indonesia menyebut bahwa kecepatan pesawat di landasan lebih rendah daripada saat di udara. Namun tahun 2018 disebutkan bahwa kecepatan pesawat di landasan lebih tinggi dari udara yang sesungguhnya. Kecepatan pesawat di landasan bisa mencapai 844 km/ jam dan kecepatan sesungguhnya di udara adalah 859 km/jam.

  1. Kecepatan Pesawat Bombardier

kecepatan pesawat terbang di udara

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Tercepat di Dunia yang Pernah Ada

Dikenal dengan idenya yang fenomenal, ada konsep yang cukup meyakinkan. Bahkan berdasarkan keterangan yang ada, the Antipode ini akan terbang dengan kecepatan pesawat terbang 25600 km. Jam atau dikenal dengan sebutan Mach 24. Misalnya saja menggunakan perbandingan pesawat Concorde yang bisa terbang dengan kecepatan 2.560 km/jam atau Mach 2. Pesawat ini disebutkan bisa melakukan lepas landas dari ladasan terbang biasa dengna pelontar roket. Pelontar ini bisa mendorong pesawat hingga terbang ke 40.000 kaaki dan kecepatan Mach 5.

  1. Kecepatan Pesawat MiG-31 Foxhound

kecepatan pesawat terbang per jam

Baca juga : HUD: Teknologi Pesawat Tempur yang Dapat Anda Rasakan Di Dalam Kabin Mobil

Salah satu kecepatan pesawat terbang yang cukup menyita perhatian adalah Mach 2.83 atau 1860 mph sekitar 3000 km/jam. The Mikoyan MiG-31 Foxhound merupakan pesawat supersonik yang memiliki mesin kembar besar dan dirancang agar bisaa mencegat pesawat asing dengan adanya kecepatan tinggi. MiG-31 ini menjadi salah satu pesawat yang dinobatkan dengan kecepatan super.

  1. Kecepatan Pesawat Boom

kecepatan pesawat terbang knot

Baca juga : Inilah 5 Pesawat Terbesar di Dunia Saat Ini

Datang dari kecepatan yang cukup memukau yakni pesawat Boom dengan adanya kecepatan 2.6x lebih cepat jika dibandingkan pesawat jet komersil. Pesawat juga dirancang untuk 40 penumpang dan 2 baris tempat duduk yang mana setiap penumpangnya mendapatkan jendel sendiri dan begitu nyaman. Kecepatan pesawat terbang yang akan membawa penumpang berada di ketinggian 10 km dan kita bisa melihat lekukan permukaan Bumi. Boom juga dikatakan lebih cepat jika dibandingkan dengan supersonic N+2 yang bisa membawa penumpang dan siap di tahun 2022.

  1. Kecepatan Pesawat Cygnus M3

kecepatan pesawat terbang adalah

Pesawat yang satu ini mampu mencapai kecepatan 3 Mach meski masih wujud konsep namun kabarnya kecepatan pesawat terbang Cygnus M3 ini mencaoai 2.8 mach dan membawa sekitar 32 penumpang. Kecepatan yang akan membawa kita dari kota Los Angeles ke Hongkong hanya dalam waktu 1 jam saja untuk terbang. Menakjubkan, bukan?

Ada berbagai macam kecepatan pesawat terbang yang diketahui bisa menjadi yang tercepat, juga kecepatan pesawat saat berada di landasan dan di udara. Memang salah satu faktor populernya pesawat terbang ini juga dikarenakan kemampuannya dalam membelah langit. Manakah pesawat terbang yang menarik perhatian anda?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password