Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul di Jalan Raya Sebelum Menggunakannya

Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul

otoRev – Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul – Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya ban pacul. Seringkali ban pacul dipakai untuk motor yang jenisnya adalah trail. Sejak popularitas dari ban ini berkembang, ada banyak juga motor yang bukan berjenis trail dan akhirnya menggunakan jenis ban ini di jalan raya.

Namun tak banyak orang yang sadar tentang plus dan minusnya penggunaan ban pacul ini di jalan raya. Memang sih kesannya sangat gahar dan keren akan tetapi dibalik kelebihan tersebut nyatanya juga ada kekurangan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan ban ini di jalan raya. Berikut kekurangan ban pacul yang Anda harus tahu!

Kekurangan Ban Pacul di Jalan Raya

Beresiko pada keselamatan berkendara

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul di Jalan Raya Sebelum Menggunakannya
Ban pacul memiliki ciri ban yang bergerigi keras. Ban seperti ini memang nyaman dan aman tetapi jika digunakan pada jalan tanah atau pada area off road seperti di area tanjakan kerikil, di area tanah berpasir, di area lereng gunung, dan sebagainya dengan kontur offroad.

Kondisi ban ini tidak cocok digunakan di jalan raya dengan kontur yang mulus didominasi aspal. Jadi ketika Anda menggunakan ban pacul di jalan raya, maka daya cengkeram dari ban tidak akan berfungsi secara maksimal.

Apalagi ketika kemudian Anda gunakan di jalan raya yang kondisinya basah karena hal ini mengakibatkan ban cenderung kehilangan traksi atas aspalnya.

Mengakibatkan bahan bakar lebih boros

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul di Jalan Raya Sebelum Menggunakannya
Desain atau pattern dari ban pacul sendiri memang dibuat bergerigi. Tujuannya ada gerigi tersebut adalah digunakan untuk mencengkeram area permukaan tanah yang tentu akan membuat rolling resistant jadi terhambat. Hasilnya putaran ban akan menjadi lebih berat sehingga penggunaan bahan bakar akan jauh lebih boros nantinya.

Bahkan motor dengan ban pacul jika digunakan di jalan raya kebanyakan menghabiskan bensin atau bahan bakar dengan pembakaran dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ketika menggunakan motor yang secara khusus digunakan di jalan raya. Hal ini juga terjadi karena ada perbedaan kepentingan dan juga fungsi ban itu sendiri yang dibuat oleh pabrikan untuk masing – masing fungsi dan jenis motor.

Menimbulkan suara bising dan cepat mengalami keausan

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Ban Pacul di Jalan Raya Sebelum Menggunakannya
Ban dengan jenis ban pacul merupakan jenis ban yang dapat mengusik sisi kenyamanan. Hal ini juga karena terdapatnya efek dari celah pattern yang cukup lebar sehingga nantinya akan menimbulkan suara bising ketika sebuah motor dipacu dalam kecepatan yang tinggi.

Selain itu dengan adanya ban pacul yang digunakan di area jalan raya, itu artinya bahwa Anda harus bersiap merogoh kocek jauh lebih banyak.

Hal ini juga karena adanya suatu potensi aspal yang tidak cocok dengan kondisi ban dapat membuat ban cepat aus dan mudah mengalami kerusakan.

Karena itu jika tujuannya untuk berkendara di jalan raya baiknya jangan pilih ban pacul untuk motor Anda. Bukannya keren malah akan mengacaukan keselamatan Anda sendiri.

Itulah berbagai informasi tentang ban pacul di jalan raya yang Anda harus tahu. Anda yang mencari aneka sparepart atau aksesoris kendaraan bermotor Anda juga dapat temukan di AKULAKU. Aidia Network bersama AKULAKU sekarang ini melakukan kerjasama dalam rangka bagi – bagi voucher belanja. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 700.000,00. Tertarik mendapatkan voucher belanja super besar tersebut? Yuk gunakan kode promo AIDIA1 dan selamat berbelanja super hemat bersama AKULAKU!

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password