Empat Penilaian Kompetisi Drift yang Harus Kamu Pahami

kompetisi drift

Kompetisi Drift – Siapa tidak kenal dengan film Fast & Furious : Tokyo Drift?

Film ini merupakan sekuel film Fast and Furious yang menceritakan kisah seorang remaja yang terjerumus dalam dunia balap liar di Jepang.

Sang remaja memulai pengalaman driftnya dari nol dan mulai mengalahkan musuh-musuhnya dalam balapan.

Kendati kita tidak akan membahas tentang balap liar drift, perlu dicatat bahwa drift adalah salah satu jenis olahraga paling bergengsi di dunia otomotif.

Dibutuhkan ketangkasan dan kecerdikan pembalap dalam mengemudikan mobilnya.

Lantas apakah drift itu?

Menurut Ikatan Motor Indonesia (IMI) drift adalah teknik mengemudi dan motorsport di mana pengemudi sengaja melakukan oversteers sehingga kendaraan kehilangan traksi di roda belakang di mana pengemudi mempertahankan kontrol dari entri untuk keluar dari sudut.

Sebuah mobil melayang ketika sudut slip belakang lebih besar dari sudut slip depan, sedemikian rupa bahwa roda depan menunjuk pada arah yang berlawanan dengan gilirannya (misal mobil berputar ke kiri, roda menunjuk ke kanan atau sebaliknya).

Mudahnya, drift adalah cara mengemudi di mana kendaraannya dalam posisi meluncur-tergelincir namun tetap terkendali.

drift mobil
Sumber : gatewaymsp,com

Drift yang resmi di Indonesia berada di bawah naungan IMI. Namun secara umum kompetisi drift memiliki penilaian yang tetap dan berlaku di kompetisi resmi manapun. Penilaian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

drift mobil sport
Sumber : wallpapercraze,com

Speed
Speed atau kecepatan menjadi penilaian, di mana posisi kendaraan masuk (entry) pada tikungan pertama dan kecepatan rata-rata selama satu putaran penuh.

Untuk memperoleh poin maksimal sang pembalap harus menjadi yang tercepat, yang dapat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi saat memasuki tikungan dan secara konsisten dapat mempertahankan kecepatannya.

mobil sport drift terbaik
Sumber : heavythrottle,com

Line
Line adalah penilaian yang didasarkan pada jalur ideal yang harus diikuti peserta drift. Pembalap atau peserta drift diharuskan mengikuti jalur ini.

Pembalap harus berada pada clipping point (titik untuk dinilai). Jalur tersebut adalah inner clipping points per zone, outer clipping points per zone, dan transition zones (jika diperlukan).

Inner clipping points adalah titik dalam drift dan outer clipping points adalah titik luar drift. Pembalap harus melakukan pengendalian kendaraan secara tepat untuk mengikuti jalur ini.

mobil sport tokyo drift
Sumber : superstreetonline,com

Angle
Angle atau sudut kendaraan, yakni penilaian yang didasarkan pada besarnya sudut countersteer yang dihasilkan dan digabungkan dengan besarnya sudut angle drift terhadap garis lurus pada sebuah putaran.

Angle ini merupakan patokan indah atau tidaknya drifting. Nilai tinggi diberikan pada pembalap yang mampu mendapatkan angle yang lebih dalam.

Untuk mendapatkan angle yang tinggi ini dibutuhkan skill yang sangat tinggi. Pasalnya mobil dapat menjadi spin out atau mempelintir.

Mobil yang spin out tidak mendapat nilai atau mendapat nilai nol.

mobil sport untuk drift
Sumber : autoweek,com

Style
Style atau gaya ini merupakan penilaian paling subjektif dalam olahraga ini. Pembalap diharuskan memberikan suatu impresi atau harus dapat menghibur juri serta penonton balapan saat di lintasan.

Kompetisi drift tidak hanya sebatas meliuk-liuk sambil ngepot saja. Raungan gas, kemerduan pipa knalpot, desis suara turbo, tebal asap pun juga dinilai. Perihal visual seperti body kit, spoiler, cat, dan grafis stiker pun dapat dijadikan penilaian.

Kompetisi drift diikuti oleh kendaraan-kendaraan berpenggerak roda belakang (RWD). Hal ini tentunya berbeda dengan slalom yang umumnya menggunakan kendaraan-kendaraan berpenggerak roda depan (FWD).

Kendati kedua jenis olahraga balap ini nampak seperti sama namun kedua jenis balap ini adalah berbeda.

Pada kompetisi slalom pembalap diwajibkan gesit untuk memperoleh waktu tercepat sehingga keadaan oversteer atau meluncur menjadi sesuatu yang merugikan.

Sedangkan pada kompetisi drift kendaraan disiapkan pada keadaan oversteer dan penilaiannya didasarkan seberapa indah kendaraan tersebut meluncur.

foto mobil sport drift
Sumber : newsformulad,com

Kompetisi driift umumnya menggunakan sistem tandem atau berdua. Pembalap dilarang saling menyusul tandemnya. Drifting mengutamakan keindahan, ritme, dan keunikan.

Sumber Featured Image : thedrivecar,com

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password