Komponen Engine dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor, Yuk Cari Tahu!

Komponen Engine dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor, Yuk Cari Tahu!

otoRev – Ketika kita sedang membahas tentang sebuah kendaraan bermotor tentu saja kita sudah tahu dan mengenal bahwa ada berbagai macam komponen yang bisa Anda temukan pada sebuah kendaraan bermotor tersebut. Salah satunya kita bisa temukan yang disebut dengan komponen engine pada sebuah kendaraan bermotor.

Apa itu engine? Engine merupakan sebuah komponen utama mesin yang akan menggerakkan mesin sebagai suatu satu kesatuan. Agar kendaraan bermotor dapat beroperasional sebagaimana mestinya.

Komponen engine sendiri ada berbagai macam. Berikut kami akan berikan informasinya apa saja komponen engine dan fungsinya yang Anda harus tahu!

Komponen Engine dan Fungsinya

Komponen Engine dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor, Yuk Cari Tahu!

Ada berbagai macam komponen engine dan fungsi pada sebuah kendaraan bermotor. Namun karena banyak sekali dan kita tidak membahas satu persatu kita akan membahas komponen engine dan fungsinya secara umum saja.

Baca Juga : Punya Motor Vespa? Ini Komponen yang Harus Servis Sesuai Jarak Tempuh

Berikut komponen mesin dan fungsinya secara umum yaitu :

Komponen Engine dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor, Yuk Cari Tahu!

  • Busi : Komponen engine dan fungsinya yang satu ini sangat dominan. Tanpa busi kendaraan bermotor tak akan dapat beroperasional. Busi berguna untuk membantu meloncatkan bunga api tegangan tinggi ke dalam suatu silinder yang nantinya akan digunakan untuk membakar campuran udara dan juga bahan bakarnya.
  • Komponen engine dan fungsinya yang selanjutnya yaitu piston atau torak. Piston atau torak ini berguna dalam menerima suatu tekanan pembakaran dan nantinya akan meneruskan tekanan dalam memutar suatu poros engkol melalui bagian connecting rod.
  • Connecting rod atau batang piston fungsinya dapat membantu meneruskan tenaga atau gerak dari piston menuju ke bagian poros engkol.
  • Oil hole berguna dalam membantu menyalurkan oli pendingin menuju ke piston.
  • Oli seal berguna dapat berguna sebagai perapat oli agar tidak sampai masuk ke bagian ruang bakar kendaraan bermotor Anda.
  • Poros engkol menjadi pengubah gerak bolak – balik piston agar menjadi gerak putaran yang nantinya akan diteruskan ke putaran system kopling atau sistem transmisi yang putaran ini juga akan diteruskan ke bagian garden atau propeller dan ke bagian rodanya.

Baca Juga : Fungsi Poros Engkol Pada Mesin Motor dan Komponennya

Komponen Engine dan Fungsinya Pada Kendaraan Bermotor, Yuk Cari Tahu!

  • Bak oli atau carter memiliki fungsi dalam membantu menampung oli ketika mesin sedang berhenti.
  • Crank pin berguna sebagai tempat tumpuan big end di area batang piston.
  • Crank journal sebagai titik tumpu pada bagian blok motor.
  • Counter balance weight berguna sebagai bobot penyeimbang suatu putaran dalam kendaraan bermotor.
  • Camshaft berfungsi untuk membuka dan juga menutup katup sesuai dengan timing yang sudah ditentukan. Komponen engine dan fungsinya dari camshaft juga untuk membantu menggerakkan pompa bensin dan juga menjadi gigi bagi penggerak distributor.
  • Karburator pada kendaraan bermotor berfungsi sebagai pencampur udara dengan bensin serta menyediakan campuran udara dan juga bahan bakar secara benar – benar tepat.
  • Radiator berfungsi dalam menampung air pendingin agar dapat didinginkan oleh kipas.

Itulah informasi untuk Anda tentang komponen engine dan fungsinya yang Anda harus tahu dan pahami.

Mencari Komponen dan Sparepart

Anda yang sedang mencari berbagai produk kebutuhan termasuk sparepart atau aksesoris motor Anda lainnya, mulai sekarang bisa banget berbelanja online secara mudah hanya di AKULAKU.

Dapatkan berbagai peralatan dan perlengkapan dalam melengkapi fase penting dalam hidup bersama AKULAKU.

Mulai dari kebutuhan pernikahan, barang dan perlengkapan merawat bayi, alat – alat sekolah dan pendidikan sampai dengan perlengkapan wirausaha, semuanya dapat Anda temukan di AKULAKU.

Oh ya, bagi Anda yang berbelanja di AKULAKU dapatkan diskon belanja dari Aidia Network bersama AKULAKU sampai dengan 700 ribu rupiah menggunakan kode voucher Aidia1. Selamat berbelanja!

[Form id=”63″]

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password