Produsen Jepang Atau Jerman? Pertarungan Seru Pasar Mobil Kelas Atas

Mercedes Benz atau Lexus

Otorev.com – Berbicara mengenai mobil mewah, tentu beberapa nama besar produsen dunia selalu mendapat tempat khusus pada benak Anda. Sebut saja Bentley, BMW, Mercedes-Benz, atau Lexus. Tiga nama ini bukan lagi menjadi produsen mobil kelas menengah yang kualitasnya berbeda dengan mobil kelas premium. Sudah menjadi hal umum jika setiap membahas mobil mewah dan berkelas, tiga nama ini akan selalu muncul.

Mercedes Benz sendiri telah lama dikenal sebagai ‘bapak’ dari industri otomotif dunia. Telah berkecimpung di dunia otomotif sejak lama, kualitas dan mutu dari setiap unit mobil pabrikan Mercedes Benz merupakan salah satu yang paling solid di kelas mobil mewah.

Namun demikian, Lexus yang masih terbilang muda dalam industri ini juga tidak dapat disepelekan. Unit Lexus dikenal sebagai mobil dengan desain luar biasa, dapat diandalkan, serta selalu memiliki ciri khusus. Salah satu situs internasional, Cars.Usnews, mencoba membandingkan dua brand besar ini dari beberapa sisi. Berikut ulasannya.

 

1. Performa Mesin

Brand mobil mewah lain selalu dikenal dengan performa mesinnya. Namun untuk Lexus dan Mercedes-Benz, kenyamanan berkendara menjadi yang utama. Meski demikian, Mercedez-Benz hadir dengan mesin sport-tuned yang dapat menghasilkan tenaga lebih besar. Dalam bidang ini, Lexus terbilang masih berada satu tingkat dibawah pabrikan Jerman ini.

 

2. Kehandalan

Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, semua mobil diharuskan menjadi makin handal untuk menjamin kepuasan berkendara. Oleh karena itulah kemudian jarak antara yang mobil terbaik dan terburuk makin sempit. Lexus sendiri masih berada di atas Mercedes-Benz untuk bidang ini. Model yang dinilai paling dapat diandalkan adalah seri LS dan GS, yang juga dijual untuk pasar Indonesia.

 

3. Jaminan dan Garansi

Secara jelas disampaikan pada situs Cars US News, bahwa Mercedes-Benz memberikan garansi pabrik hingga jangka waktu empat tahun atau sejauh lebih kurang 80.000 kilometer. Sedangkan Lexus sendiri memberikan garansi hingga 6 tahun atau sejauh kira-kira 115.000 kilometer. Tentu untuk Anda yang menginginkan garansi lebih lama, Lexus lebih unggul secara jelas dari bidang ini.

 

4. Faktor Keselamatan

Kedua brand merupakan yang terbaik pada bidang otomotif. Pabrikan Jerman dikenal luas dengan inovasi bidang keselamatannya, sedangkan pabrikan Jepang juga berpengalaman di bidang ini sejak sebelum Lexus muncul (sebelum Lexus muncul, produksi hanya unit Toyota).

Namun demikian dalam tes yang diadakan Insurance Institute for Highway Safety, Lexus menempatkan empat modelnya dalam rating tertinggi (seri ES, seri RC, seri RX 350 dan seri NX). Dari Mercedes-Benz sendiri hanya mendapatkan satu model dalam tingkat yang sama. Lexus unggul dengan jelas.

 

5. Segmen Mobil Mewah Kecil

Lexus dan Mercedes-Benz memiliki berbagai jenis mobil mewah berukuran kecil diantaranya segmen compact, subcompact sedan, dan coupe. Seri terpopuler dari Mercedes-Benz untuk segmen ini adalah compact C-Class dan juga subcompact CLA. Lexus sendiri juga memiliki seri andalan yakni RC, yang merupakan seri dua pintu dari model IS. Dalam ulasannya, cars.usnews.com menempatkan Lexus pada posisi lebih unggul untuk segmen ini.

 

6. Hybrid

Pada segmen mobil hybrid jelas Lexus lebih unggul. Komitmen Lexus dalam memproduksi mobil ramah lingkungan merupakan komitmen mutlak hingga hampir setiap seri Lexus yang dijual memiliki versi hybrid. Hal ini juga membuat pasar Lexus makin luas dan makin banyak memberikan pilihan bagi konsumen.

Dari enam hal di atas, sudah jelas Lexus lebih unggul dibandingkan produsen mobil mewah asal Jerman tersebut. Segmen mobil mewah memang menjadi arena pertarungan yang selalu layak untuk diikuti. Lexus memang terbilang masih muda untuk segmen ini, namun inovasi dan teknologi yang disematkan pada setiap unitnya menjamin pengalaman berkendara yang tidak pernah Anda lupakan. Desain cantik nan eksklusif, disertai dengan tampilan mewah dan kualitas terbaik pada setiap bagian mobil Lexus, akan menjadi satu privilege yang bisa Anda dapatkan setiap hari.

Sumber gambar: youtube-qvZDKxdYk5U, mynrma, kemudiku, carsdirect, moneyincarrowheadmb, carmagazine

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password