Hati-hati! Akibat Lupa Isi Air Aki Bisa Bikin Aki Meledak

Otorev – Lupa Isi Air Aki – Sudah seharusnya bagi pemilik kendaraan untuk melakukan cek secara berkala setiap komponen kendaraannya. Dengan melakukan pengecekan secara berkala ini, maka pengguna bisa menghindarkan berbagai bahaya atau masalah yang terjadi pada kendarannya. Dan salah satu komponen yang paling krusial sekali pada sebuah kendaraan dan harus dilakukan cek secara rutin adalah aki.

Aki dengan kondisi yang baik akan membuat aktifitas berkendara lebih aman dan nyaman. Tetapi bagaimana jika kondisi aki dalam masalah? Pastinya Anda sebagai pemilik kendaraan harus cepat tanggap dalam mengatasi masalah yang terjadi pada aki tersebut.

Untuk menghindari masalah yang terjadi pada aki, yang perlu dilakukan adalah rutin melakukan pengecekan dan perawatan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Perawatan dan pengecekan ini sendiri salah satunya dengan memperhatikan kapasitas air aki, ini berlaku untuk aki basah. Tapi tahukah Anda bahwa aki yang lupa diisi airnya bisa menyebabkan ledakan?

Lupa Isi Air Aki Bisa Bikin Aki Meledak

Aki Meledak Akibat Lupa Isi Air Aki

Benar sekali, air aki yang kapasitasnya sudah dibawah rata-rata nantinya akan menyebabkan ledakan dari dalam. Karena itulah pastikan Anda sebagai pemilik kendaraan selalu memperhatikan kondisi air aki, apakah sudah tinggal sedikit atau masih banyak. Jika memang sudah tinggal sedikit, sebaiknya Anda langsung melakukan isi ulang.

Air aki yang dalam kondisi kurang, saat disetrum nanti akan menimbulkan panas yang berlebih dan akhirnya akan menyebabkan ledakan dari dalam. Hal yang demikian ini tentu berbeda dengan aki dengan kapasitas airnya yang dalam kondisi sempurna, panas yang dihasilkan tentu akan lebih rendah sehingga tak akan menyebabkan ledakan.

Tetapi demikian, saat mengisi ulang air aki jangan sampai terlalu banyak atau tumpah. Jika hal tersebut dilakukan maka akan menyebabkan pengapuran pada kepala aki. Dan pengapuran pada kepala aki sendiri akan menyebabkan kinerja aki kurang maksimal, serta tak jarang juga membuat umur aki lebih pendek.

Demikian tadi ulasan mengenai ledakan pada aki yang disebabkan oleh lupa isi air aki. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas dapat bermanfaat.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password