Manfaat Tersembunyi Kurma untuk Kesehatan Pengemudi Saat Menjalankan Ibadah Puasa

manfaat kurma

Kurma menjadi makanan yang populer saat bulan Ramadan. Buahnya yang manis sering dikonsumsi dan menjadi menu wajib baik saat sahur maupun berbuka puasa. Makanan berwana coklat hingga mendekati hitam ini kaya akan zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Untuk Anda para pengemudi, sangatlah disarankan untuk mengonsumsi kurma saat menjalankan ibadah puasa sebab manfaat yang terkandung di dalamnya.

Berikut beberapa manfaat dari buah kurma yang patut Anda ketahui.

1. Memperlancar Aliran Darah

Memperlancar Aliran Darah
Sumber: www*wartapilihan*com

Saat menjalankan aktivitas puasa, aliran darah akan sedikit tersumbat sebab berkurangnya pasokan darah. Mengonsumsi kurma setiap hari menjadi langkah tepat agar dapat memperlancar aliran darah. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan vitamin A, B2, B12 di dalam buah kurma. Selain itu, kalium pada buah kurma, juga dapat melancarkan peredaran darah, mengatur denyut jantung agar bekerja dengan baik, membantu kerja otot serta menstabilkan tekanan darah, dan juga menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Energi

meningkatkan energi
Sumber: pusatsolusi345*wordpress*com

Di dalam buah kurma, terkandung karbohidrat yang dicerna secara perlahan oleh tubuh dan akan melepaskan energi secara berkelanjutan. Buah ini dapat mengontrol rasa lapar sehingga dapat menjaga diri agar tidak terlalu banyak makan saat berbuka. Menurut Dr Samuel Oetoro, MS, SpGK dari MRCCC Siloam Hospital Semanggi, kurma memang baik dikonsumsi saat berpuasa karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan juga mengandung glukosa, fruktosa dan sukrosa. Penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada tahun 2011 menunjukkan, kurma mengandung gula alami dalam jumlah tinggi dengan indeks glikemik rendah.

3. Menjaga Pencernaan

menjaga pencernaan
Sumber: www.onlineshop-misscha*com

Kandungan serat dan asam amino di dalam kurma mampu membantu mencegah sembelit sebab meringankan kerja sistem pencernaan. Kurma mampu merangsang sekresi enzim pencernaan di dalam perut yang membantu pencernaan makanan. Selain itu, buah palma ini memiliki kandungan zat yang bermanfaat untuk meningkatkan bakteri baik serta membunuh bakteri berbahaya untuk tubuh.

Selain memanfaatkan fungsi kurma saat berpuasa, tentu Anda harus menjaga pola makan sehat dan juga tetap menjalankan aktivitas fisik. Anda dapat melakukan kegiatan fisik berupa memasak, mencuci mobil, jalan kaki, dan angkat barang selama kurang lebih 10 menit, agar tubuh tetap bugar. Dalam menyempurnakan kebutuhan akan nutrisi, Anda dapat mengonsumsi Omepros sebagai pelengkap. Omepros adalah suplemen makanan yang memiliki kandungan Omega 3, Omega 6, Omega 9, biji blackcurrant, minyak ikan salmon, Flaxseed Olive, Canola, Safflower, dan Vitamin E. Selain kurma, jangan lupa sediakan Omepros ya. Omepros, Balancing Your Life!

Sumber Featured Image : infohaji*co*id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password