Masalah yang Sering Muncul pada Rantai Motor, Ini Penyebabnya

Masalah yang Sering Muncul pada Rantai Motor

otoRev.com – Masalah yang Sering Muncul pada Rantai Motor – Rantai mempunyai peran yang sangat penting pada sepeda motor. Rantai berfungsi sebagai penyalur tenaga motor untuk berakselerasi. Tanpa rantai, tentu motor kita tidak akan bisa bergerak.

Meski demikian, masih banyak pengguna motor yang kurang memerhatikan  kondisi rantai motornya. Padahal, rantai yang tidak terawat bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan saat berkendara.

Berikut adalah masalah yang sering muncul pada rantai motor dan faktor penyebabnya.

Masalah yang Sering Muncul pada Rantai Motor

Rantai Karatan

rantai karatan

Kondisi yang paling ditemui adalah rantai motor yang karatan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pelumas pada rantai dan sering terkena air. Air yang menempel pada rantai dapat menyebabkan terjadinya oksidasi pada besi rantai, sehingga muncul karat.  Cara mengatasinya cukup mudah, gunakan produk berupa cairan anti karat yang bisa dibeli di bengkel maupun via online seperti di AKULAKU.

Rantai Putus

rantai putus

Rantai putus menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun yang sedang mengendarai sepeda motor. Banyak faktor yang menyebabkan rantai motor putus. Namun, penyebab yang paling umum biasanya dikarenakan rantai motor yang terlalu kencang. Sebaiknya settinglah rantai motor sesuai rekomendasi buku manual.

Rantai Mudah Lepas

rantai lepas

Jika settingan rantai terlalu kencang dapat menyebabkan rantai putus, settingan rantai yang terlalu longgar juga bisa menyebabkan rantai lepas saat berkendara. Rantai lepas saat motor sedang berjalan berpotensi menyebabkan rantai terkunci. Rantai terkunci karena terlepas dari jalur gearnya dan tersangkut ke bagian lain, sehingga rantai tidak dapat bergerak, roda pun berhenti. Kondisi tersebut akan membuat roda berhenti mendadak dan motor menjadi tidak seimbang.

Pada dasarnya, semua masalah di atas tidak akan terjadi jika kita memperhatikan kondisi rantai motor secara berkala. Ada baiknya rantai motor selalu dicek ketegangannya setiap sebulan sekali. Jangan terlalu longgar dan juga jangan terlalu kencang. Jika kamu tidak bisa melakukannya sendiri, tidak ada salahnya untuk membawa motor ke bengkel resmi. Jadi nggak perlu kawatir sama rantai motor kamu, karena sudah ditangani oleh tenaga profesional.

Sekian. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password