Mengatasi Masalah Motor Tua dan Klasik

masalah motor tua dan klasik

Otorev – Banyak orang menyangka kalau mempunyai motor klasik itu susah cara perawatannya dan mungkin malah membebani pengendaranya. Apa lagi bagi para pemula, mungkin masih sangat bingung mengurus si motor tua bangka. Hal itu tidak benar kalau kita bisa merawatnya. Ada beberapa tips bagaimana cara mengatasi masalah motor tua dan klasik kesayangan Anda.

Baca juga : Tips Membeli Motor Bekas Kualitas Motor Baru

1. Mencuci Motor

Cuci motor Anda secara rutin misalnya 1 minggu sekali terutama jika motor bejalan di tempat becek ataupun terkena hujan. Tujuannya agar tidak berkarat dan juga untuk menjaga kwalitas warna pada motor Anda. Untuk mencuci motor sendiri anda bisa menggunakan sabun khusus atau bisa menggunakan shampo biasa.

2. Rutin mengganti oli.

Dalam penggantian oli motor usahakan jangan sampai telat, lakukanlah penggantian oli motor sebulan sekali , karena oli atau pelumas mesin sangat penting untuk menjaga kinerja komponen komponen yang terdapat pada mesin motor agar bekerja dengan optimal dan maksimal.

Biasanya untuk penggantian oli motor itu 4000 km, namun pada kondisi jalanan yang sering kita lalu adalah jalan yang sering macet dan hal tersebut mengakibatkan mesin untuk selalu bekerja extra maka sebaiknya idealnya harus sudah di ganti pada kilometer 2000-3000 km. Untuk Motor yang mempunyai kapasitas mesin 250CC juga melakukan pergantian oli secara berkala setiap 2000-3000 hal ini bertujuan agar kondisi mesin tetep selalu terjaga keawetanya.

3. Cek Pengapian Motor

Masalah motor tua dan klasik selanjutnya adalah pada bagian pengapian. Untuk bagian sistem pengapian motor, Anda harus sering-sering mengeceknya. contohnya saja seperti platina, aki motor, ataupun kabel koil. Bagian ini juga mempunyai peran penting dalam sebuah komponen motor apa bila sistem pengapian mengalami masalah maka motor biasanya tidak bisa jalan.

Listrik juga tidak kalah pentingnya dalam hal ini, untuk menyalakan atau menghubungkan berbagai komponen sebuah motor dapat melaju dengan baik, termasuk komponen lampu depan, sen, spedometer, kontak mesin, dan lain sebagainya. Pastiksn semua kabel masih layak pakai, biasanya motor berumur sudah lebih dari 10 tahun, kabel bisa rusak. Harus kita pastikan dalam keadaan baik, atau tidak pernah terbakar. Jika rusak harus diganti.

Ingin memiliki motor klasik, atau membeli motor jadul yang terbaik? Lebih waspada yah, Anda bisa melakukan pengecekan lebih teliti dulu sebelum membeli. Ingat, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi Akulaku untuk membeli motor jadul, second atau bekas dengan kredit tanpa bunga dan cicilan yang lebih ringan. Juga, Anda bisa mendapatkan sejumlah promo menarik serta diskon, loh.

Dapatkan promo menarik dari AkuLaku Indonesia.

Caranya mudah, isi form dibawah ini dengan lengkap!

*
*

masalah motor tua dan klasik

masalah motor tua dan klasik

masalah motor tua dan klasik

masalah motor tua dan klasik

masalah motor tua dan klasik

masalah motor tua dan klasik

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password