7 Tips Sederhana Merawat Mobil Hybrid yang Mesti Anda Ketahui

merawat mobil hybrid

Merawat Mobil Hybrid – Banyak orang yang ragu menggunakan mobil bermesin hybrid. Keraguan itu didasarkan pada anggapan bahwa perawatan mesin hybrid lebih sulit dibandingkan perawatan mobil konvensional.

Anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Sebaliknya, perawatan mobil hybrid justru relatif lebih mudah ketimbang mobil konvensional. Pasalnya, kinerja mobil hybrid lebih ringan ketimbang mobil konvensional karena dua mesinnya bekerja secara bergantian.

Berikut adalah lima tips merawat mobyl hybrid yang bisa Anda coba sebagaimana dirangkum dari doityourself.com.

1. Periksa Baterai

baterai toyota prius hybrid
Sumber : youtube,com

Baterai adalah komponan yang vital pada mobil hybrid. Itulah mengapa Anda mesti memeriksa baterai mobil hybrid Anda secara berkala. Periksa baterai mobil Anda setidaknya sebulan sekali. Pastikan baterai masih selalu dalam kondisi baik dengan sambungan yang juga baik. Selain itu, pastikan pula baterai mobil Anda tidak mengalami korosi di terminalnya. Periksa pula tingkat air pada baterai Anda. Isi bila perlu.

2. Periksa Sikat

electric motors
Sumber : copperalliance,org,uk

Motor listrik pada mobil hybrid biasanya dilengkapi dengan sikat. Periksa kondisi sikat dan gantilah secara berkala. Penggantian sikat biasanya dilakukan setelah mobil menempuh jarak 80 ribu mil atau sekitar 129 ribu kilometer.

3. Ganti Oli Secara Rutin

minyak oli
Sumber : kingdomlubricants,com

Sama seperti mesin mobil konvensional, mesin mobil hybrid juga harus diganti oli secara rutin. Bacalah buku petunjuk mobil Anda untuk mengetahui kapan Anda harus mengganti oli. Pastikan Anda tidak telat menggantinya. Pasalnya, hal itu akan membuat performa mesin Anda kurang prima.

4. Periksa Radiator

radiator mobil hybrid
Sumber : wheelzine,com

Mobil hybrid juga menggunakan radiator untuk membuat mesin tetap dingin. Pantaulah radiator mobil Anda secara berkala, isi cairannya bila perlu. Secara berkala, bersihkan pula radiator mobil Anda supaya kotoran tidak menumpuk dan mengganggu kinerjanya.

5. Periksa Suspensi

suspensi mobil hybrid
Sumber : carfromjapan,com

Sistem suspensi ada pada setiap mobil, termasuk pada mobil hybrid. Suspensi mobil pada dasarnya tidak memerlukan perawatan sangat khusus. Anda cukup memeriksa suspensi secara berkala untuk memastikannya masih bekerja dengan baik. Segera ganti suspensi mobil Anda jika sudah tidak bekerja dengan baik. Namun penggantian ini biasanya sangat jarang.

6. Periksa Ban

ban mobil hybrid
Sumber : pakwheels,com

Memeriksa ban secara berkala sebenarnya bukan jenis perawatan yang dikhususkan untuk mobil hybrid. Pasalnya, kondisi ban yang prima sangat penting baik untuk mobil hybrid maupun mobil konvensional.

Pastikan ban mobil Anda memiliki tekanan udara yang tepat. Hal itu tidak hanya akan membuat Anda lebih aman dan nyaman dalam berkendara, tetapi juga membuat performa mobil Anda lebih prima.

7. Periksa Sistem Pengereman

cakram mobil hybrid
Sumber : cars,com

Semua kendaraan, termasuk mobil hybrid memiliki sistem pengereman. Semakin baik sistem pengereman, semakin terjaga pula keamanan pengendara. Pastikan kampas rem mobil Anda senantiasa dalam keadaan baik. Gantilah kampas rem secara berkala setidaknya setiap 40 ribu mil atau 60 ribu kilometer.

Itulah tujuh tips merawat mobil bermesin hybrid yang bisa Anda coba. Lexus adalah salah satu produsen otomotif terkemuka yang konsisten memproduksi mobil bermesin hybrid. Kombinasi efektif dan efisien antara mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik membuat mobil hybrid keluaran Lexus memiliki performa prima.

Produk Lexus yang menggunakan mesin hybrid antara lain ES 300h, sedan berukuran sedang yang dibekali mesin hybrid 2,5 liter dengan tenaga 202 HP. Selain itu ada juga LS 500h, sedan mewah yang dibekali mesin hybrid 3,5 bertenaga 356 HP. Keduanya merupakan produk yang cocok bari Anda yang ingin merasakan pengalaman mengendarai mobil hybrid yang tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga bertenaga.

Sumber Featured Image : https://www.lexus.com/hybrid/

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password