4 Tips Praktis Merawat Sistem Kelistrikan pada Mobil yang Bisa Anda Praktikkan Sendiri di Rumah

merawat sistem kelistrikan pada mobil

Sistem kelistrikan merupakan bagian penting pada mobil. Pasalnya, banyak piranti mobil yang menggunakan energi listrik. Kinerja piranti-piranti tersebut erat kaitannya dengan sistem kelistrikan. Jika sistem kelistrikan baik, maka kinerjanya akan optimal, sebaliknya, jika sistem kelistrikan buruk, kinerjanya pun menjadi kurang optimal. Padahal, beberapa piranti-piranti memiliki fungsi yang sangat vital. Akibatnya, tidak hanya kenyamanan, tetapi juga keamanan berkendara bisa terganggu.

Itulah mengapa, sebagai pemilik mobil Anda mesti memperhatikan sistem kelistrikan mobil Anda. Lakukan perawatan ringan secara berkala untuk memastikannya selalu dalam kondisi prima. Berikut adalah empat tips praktis merawat sistem kelistrikan mobil yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah.

1. Periksa Sekring

sekring mobil

Tips merawat sistem kelistrikan mobil yang pertama adalah memeriksa sekring. Gunanya, untuk memastikan komponen yang berfungsi memutus arus apabila terjadi korsleting itu selalu dalam kondisi baik. Adapun sekring biasanya terdapat di bawah dashboard atau di bawah kap mesin.

Penggantian sekring bisa Anda lakukan bersamaan dengan tune up rutin. Selain itu, Anda sebaiknya juga menyediakan cadangan sekring sesuai dengan yang ada di mobil Anda.

2. Periksa Aki

aki mobil

Tips merawat sistem kelistrikan mobil yang kedua adalah memeriksa aki. Aki merupakan komponen mobil yang sangat penting. Pasalnya, komponen ini merupakan sumber daya bagi piranti-piranti mobil yang menggunakan energi listrik.

Pastikan aki mobil Anda selalu dalam kondisi baik. Periksa cairan aki apakah masih cukup, atau perlu diisi. Dalam kondisi wajar, usia aki bisa mencapai 1 hingga 2 tahun. Salah satu hal yang bisa memperpendek usia aki adalah parkir di bawah terik sinar matahari yang menyengat, sehingga elektrolit pada aki mudah menguap.

3. Periksa Alternator

alternator mobil

Tips merawat sistem kelistrikan mobil yang ketiga adalah memeriksa alternator. Komponen ini berfungsi mengubah putaran mesin menjadi arus listrik. Kinerja alternator salah satunya bisa diketahui dari panel dashboard. Apabila lampu indikator alternator menyala, maka Anda perlu curiga karena bisa jadi, alternator tidak bekerja dengan semestinya. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa alternator menggunakan voltmeter. Voltase normal alternator dalam kondisi mesin dan seluruh komponen listrik menyala adalah 12,5 hingga 13 volt.

4. Memeriksa Kabel dan Lampu

kabel pada mobil

Tips merawat sistem kelistrikan mobil yang keempat adalah memeriksa kabel dan lampu. Kegiatan yang satu ini kerap diabaikan oleh para pemilik mobil. Pasalnya, memeriksa kabel dan lampu memang agak merepotkan karena membutuhkan tingkat kesabaran dan ketelitian yang tinggi.

Utamakan memeriksa kabel yang berhubungan dengan mesin, kap lampu, dan lampu kabin. Pasalnya, bagian-bagian tersebut adalah yang paling sering digunakan. Pastikan lampu menyala dengan baik dan tidak menghitam. Jika lampu mulai menghitam periksa bagian relay-nya barangkali ada kerusakan.

Apabila terjadi masalah pada satu kabel dalam satu rangkaian, Anda sebaiknya mengganti seluruh rangkaiannya. Hal ini untuk menjaga supaya resistensi, panjang, dan kondisi soket kabel tetap sesuai standar.

Itulah empat tips praktis merawat sistem kelistrikan mobil yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Dengan merawatnya secara berkala, kinerja sistem kelistrikan pada mobil Anda akan terjaga. Performa mobil Anda pun akan tetap prima. Kendati demikian, tips merawat sistem kelistrikan mobil bisa berbeda-beda sesuai dengan merek dan tipe mobilnya.

Bicara soal perawatan, tidak hanya mobil biasa saja yang membutuhkannya. Mobil mewah pun membutuhkan perawatan untuk menjaga performanya. Jika Anda mendambakan mobil mewah dengan perawatan mudah, Lexus bisa menjadi pilihan Anda. Mobil-mobil Lexus dilengkapi dengan layanan purna jual yang lengkap, tidak hanya service center yang mudah dijangkau, tetapi juga layanan konsumen yang siap menjawab segala pertanyaan Anda setiap saat.

Sumber Gambar : thestreet, youtube, blackxperience, lifewire, golro

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password