Sebelum Membeli Mobil Ceria, Simak Dulu Ulasan Mobil Daihatsu yang Satu Ini

Sebelum Membeli Mobil Ceria, Simak Dulu Ulasan Mobil Daihatsu yang Satu Ini

Daihatsu Ceria merupakan salah satu small size city car keluaran Daihatsu yang cukup banyak dikenal di Indonesia. Mobil Ceria ini jadi favorit karena mempunyai dimensi yang relatif kecil sehingga dianggap lincah untuk bermanuver di jalanan perkotaan. Maka tidak heran, populasinya mayoritas berada di kota-kota besar pada zamannya.

Munculnya Mobil Ceria

Sebelum Membeli Mobil Ceria, Simak Dulu Ulasan Mobil Daihatsu yang Satu Ini(Wikimedia)

Mobil Daihatsu Ceria sendiri sebenarnya bukan tipe yang cukup baru di jajaran produk Daihatsu Jepang. Tipe ini sebenarnya sudah muncul sejak tahun 1990 dengan nama Daihatsu Mira L200 di Jepang. Setelah diproduksi beberapa tahun, pada 1994 sebuah perusahaan pembuat mobil asal Malaysia menggunakan basis Daihatsu Mira L200 ini untuk kendaraan produksinya. Mobil tersebut dinamai Perodua Kancil dan terbilang cukup sukses di Malaysia.

Munculnya Mobil Daihatsu Ceria diawali pada perkenalannya untuk pertama kali di sebuah pameran kendaraan di tahun 2001. Daihatsu Ceria generasi pertama ini mengambil basis dari Perodua Kancil yang sudah terlebih dulu populer di negara tetangga, Malaysia. Kendaraan ini menyasar segmen city car yang waktu itu sedang cukup digemari di Indonesia dan bersaing dengan merek lain seperti Suzuki Karimun, Hyundai Atoz dan Kia Visto.

Pada 2003, Daihatsu Ceria mendapat facelift dari Daihatsu. Terdapat perbedaan mendasar pada bagian front end dengan desain grill dan lampu utama yang membulat. Perubahan ini masih dipertahankan hingga akhir masa produksi Mobil Ceria di tahun 2006.

Spesifikasi Daihatsu Ceria

spesifikasi daihatsu ceria

Baca juga : Kelemahan Daihatsu Sigra, Mobil Daihatsu LCGC yang Dibanderol Murah

Sebagai salah satu kendaraan di kelas city car, tentu dimensi kendaraan jadi salah satu modal utama untuk bersaing. Lebar mobil Ceria ini sendiri hanya 1405 mm, sangat cocok untuk karakter berkendara perkotaan yang sering memasuki jalan perumahan yang sempit. Panjangnya hanya 3365 mm yang membuatnya bisa ditempatkan di garasi yang relatif kecil.

Mobil Daihatsu Ceria di Indonesia dibekali mesin berkode ED-10 berkapasitas 850cc 3 silinder. Mesin ini masih menggunakan teknologi karburator konvensional. Kapasitas mesin yang tergolong kecil mempunyai efisiensi BBM yang cukup tinggi hingga sekitar 1:17. Tenaga yang bisa dikeluarkan mesin mungil ini hanya sekitar 37 TK di putaran mesin 5500 RPM.

Jika di luar negeri mobil kembaran Daihatsu Ceria memiliki transmisi otomatis, lain halnya di Indonesia. Tidak ada opsi Daihatsu Ceria matic di Indonesia karena hanya memiliki pilihan transmisi 5 speed manual.

Fitur yang ada di Mobil Ceria bisa dibilang sederhana. Hanya terdapat beberapa fasilitas standar sebuah mobil baru di tahun-tahun tersebut, seperti AC dan Power Window. Daihatsu Ceria sendiri ditawarkan dengan beberapa tipe seperti KL, KL Plus dan KX. Pembagian tipe tersebut berdasar pada fitur dan detail kecil.

Kelebihan dan kelemahan Daihatsu Ceria

Sebelum Membeli Mobil Ceria, Simak Dulu Ulasan Mobil Daihatsu yang Satu Ini(Flickr)

Baca juga : Tips Agar Head Unit Mobil Daihatsu Awet Dalam Waktu Lama

Salah satu senjata utama dari Daihatsu dalam menawarkan mobil Ceria ini adalah pada efisiensi bahan bakarnya. Dengan modal mesin berkapasitas kecil 850 cc, tentu tingkat keiritan mobil ini sangat tinggi. Sebagian pengguna bahkan merasakan angka konsumsi bensin bisa tembus 1:20 di jalanan lapang.

Kapasitas mesin yang tergolong kecil tentu berimbas pada tenaga yang dikeluarkan. Tenaga maksimum standar yang bisa dikeluarkan mobil ini hanya berkisar 37 TK dan dirasa kurang cukup bagi sebagian pengguna. Meskipun begitu, karakter mesin 3 silinder sendiri sebenarnya memberi keunggulan lebih dalam hal akselerasi yang lebih spontan.

Teknologi pengabutan bahan bakar yang masih menggunakan karburator juga menjadi kelemahan Daihatsu Ceria tetapi sekaligus bisa menjadi kelebihannya. Kelemahannya adalah pada teknologi mesin yang cenderung sudah terlalu konvensional. Kelebihannya adalah pada aspek kemudahan perawatan. Mesin karburator cenderung lebih mudah untuk dirawat dan bisa dipegang banyak mekanik di hampir semua bengkel mobil.

Opsi modifikasi Daihatsu Ceria sendiri sebenarnya tidak terlalu banyak. Meskipun begitu, referensi Daihatsu Ceria modif bisa didapat dari pengguna Perodua Kancil di Malaysia karena tipe ini cukup terkenal di sana dan banyak yang melakukan modifikasi.

Itulah sedikit ulasan mengenai Daihatsu Ceria. Dengan segala kelebihan dan kelemahannya, Mobil Ceria ini patut dipertimbangkan untuk dibeli karena harga bekasnya yang saat ini cukup terjangkau.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password