Ingin Mobil Mulus dan Minim Getaran? Perhatikan Suspensi Mobil Anda

suspensi mobil fortuner

Suspensi Mobil – Mobil yang oke, tentu mobil yang dapat membuat Anda nyaman ketika mengendarainya. Selain desain interior yang baik, kenyamanan mobil juga dipengaruhi oleh suspensinya.

Suspensi mobil, dapat dikatakan merupakan peredam getaran yang dipasang pada posisi antara badan dan chasis supaya pengendara dan penumpang tidak merasakan getaran terlalu besar dan membuat tidak nyaman.

Selain membuat mobil terasa halus ketika ditumpangi, suspensi mobil juga meningkatkan stabilitas mobil Anda. Suspensi dalam hal berkendara, juga meredam gaya dorong yang timbul ketika Anda melakukan pengereman atau ketika Anda menginjak pedal gas.

Bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya jika tidak ada suspensi dalam mobil Anda, tentu setiap getaran dan dorongan akibat mobil yang berjalan akan membuat Anda merasakan sensasi tidak nyaman.

Jika dilihat dari sistem yang dipakai pada mobil kebanyakan saat ini, terdapat 5 sistem suspensi berbeda yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasan singkat mengenai masing-masing sistem suspensi tersebut.

Ingin Mobil Mulus dan Minim Getaran? Jangan Lupa Perhatikan Suspensi Mobil Anda

  1. Torsion Beam

Masuk kedalam sistem suspensi semi-independen. Sistem ini banyak diterapka di mobil tipe compact yang menggunakan penggerak roda depan. Sistem ini banyak diterapkan oleh mobil produksi Eropa. Sistem ini cenderung sederhana dan cukup ringan. Dari sisi harga, torsion beam termasuk sistem yang ekonomis dibanding sistem lainnya.

  1. Per Daun

Berbentuk seperti gabungan beberapa batangan besi yang ditumpuk namun cukup lentur. Kelebihannya adalah memiliki konstruksi sederhana, namun kokoh dan mampu menahan beban yang cukup besar, diluar berat badan kendaraan di atasnya.  Distribusi beban yang merata juga menjadikan sistem ini memiliki kelebihan dibidang mengangkut beban.

  1. MacPherson Strut

Cukup populer pada mobil yang mengaspal di Indonesia. Dimensi yang baik, harga yang ekonomis, serta performa yang oke menjadi faktor utama mengapa sistem ini diterapkan oleh produsen yang berada di dalam negeri.

  1. Multilink

Sistem ini menggunakan lengan membujur dan lengan lateral. Kinernya yang saling mendukung dapat mereduksi tekanan yang diterima dan menyesuaikan panjang atau renggangnya. Suspensi ini sangat fleksibel, jadi bisa menyesuaikan sudut posisi roda dengan jalanan yang dilalui kendaraan.

  1. Double Wishbone

Sistem ini merupaka sistem suspensi terbaik saat ini karena dapat meredam tekanan mobil dengan sangat baik. Desain suspensi ini juga memungkinkan posisi roda tetap tegak lurus ketika melewati berbagai medan, baik off-road maupun on-road. Fleksibilitas serta kemampuan ini lah yang membuat suspensi ini menjadi suspensi terbaik pada masa sekarang dan digunakan oleh produk mobil terbaik dikelasnya.

Setelah mengetahui sedikit mengenai sistem suspensi diatas, apakah Anda telah mendapatkan sistem suspensi yang tepat untuk mobil Anda? Tentu kenyamanan yang Anda cari akan  Anda dapatkan pada sistem suspensi terbaik. Toyota All New Fortuner, menggunakan suspensi double wishbone pada kedua roda depannya. Hal ini dilakukan Toyota untuk menyediakan kenyamanan ekstra serta ketangguhan dalam satu paket mobil, agar Anda dapat menikmati perjalanan Anda.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password