Mobil Sedan Timor, Masih Jadi Primadona Walau Sudah Tak Muda Lagi

Mobil Sedan Timor, Masih Jadi Primadona Walau Sudah Tak Muda Lagi

Meskipun pasar mobil bekas sepertinya masih terlihat lesu, tetapi tidak bisa dipukul rata bahwa kondisi jual-beli ini tidak terlihat potensial. Di tengah melemahnya daya beli mobil bekas yang makin terhimpit, masih menyisakan ceruk pasar yang peminatnya tergolong cukup ramai. Salah satunya di kelas mobil bekas di bawah Rp. 50 juta.

Di range harga ini, terlihat pembeli mobil bekas masih banyak yang melirik. Biasanya mereka berasal dari pembeli pemula. Beberapa tipe mobil bisa jadi favorit untuk angka di bawah 50 juta. Bagi pembeli pemula di kawasan perkotaan, pilihan mobil sedan di bawah harga 50 juta dirasa pas, salah satunya adalah mobil sedan Timor.

Meskipun tahunnya bisa dibilang sudah tidak muda lagi, yaitu 1996 sampai awal 2000-an, Timor masih jadi salah satu idola mobil bekas di kelas ini. Bentuknya yang sudah agak aerodinamis dipandang tidak terlalu kadaluarsa untuk mobil sekelasnya. Bahkan, mobil ini bisa dijadikan bahan modifikasi bagi anak muda yang menginginkan sedan timor modif sebagai tunggangan mereka.

Sejarah Mobil Timor

sejarah sedan timor

Baca juga : Kenali 4 Jenis Mobil yang Sedang Tren di Indonesia Saat Ini

Timor sendiri memiliki latar belakang historis di Indonesia. Pada tahun 1990-an, dicanangkan program mobil nasional. Muncullah beberapa perusahaan yang memiliki program untuk membuat kendaraan roda empat yang diproduksi di Indonesia dengan kandungan lokal tinggi.

Salah satu perusahaan yang mencuat adalah PT. Timor Putra Nasional yang digawangi Tommy Soeharto. Produk dari perusahaan ini yaitu sedan Timor merupakan hasil rebadged dari Kia Sephia buatan pabrikan Korea Selatan. Kia Sephia sendiri sebenarnya sudah diluncurkan sejak 1992 oleh Kia Motors. Meskipun begitu, rencana produksi Timor mengusahakan kandungan komponen lokal dalam negeri yang lebih banyak dan dirakit di pabriknya yang berlokasi di Karawang.

Timor mendapat insentif pemotongan pajak yang cukup besar. Dengan begitu harga sedan Timor baru di tahun sekitar 1996-1997 bisa jauh lebih murah dibanding mobil produksi pabrikan lain. Hal ini memunculkan protes dari pabrikan kendaraan lain hingga program mobnas Timor mendapat sanksi dari WTO (World Trade Organization) dan dihentikan bersamaan krisis moneter 1997 dilanjutkan dengan lengsernya rezim Orde Baru pada 1998. Setelah itu, Timor kembali menyandang nama Kia Sephia dan dijual oleh Kia Motors hingga awal 2000-an.

Tipe-Tipe Timor di Indonesia

tipe sedan timor

Di Indonesia, sempat beredar beberapa tipe dan jenis mobil Timor. Setidaknya ada 4 tipe untuk sedan Timor, seperti S515 bermesin 1500 cc karburator, S516 1600 cc karburator, S515i bermesin 1500 cc DOHC injeksi dan S516i berkapasitas 1600 cc injeksi. Ditambah lagi, ada beberapa tipe khusus seperti station wagon dan limousine.

Timor juga sempat dijadikan armada taksi oleh beberapa perusahaan transportasi besar di kota-kota besar. Hal itu membuat kepopuleran Timor jadi semakin terangkat dan banyak diminati di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Sedan Timor

gambar sedan timor

Baca juga : Produksi Mobil di Indonesia yang Harus Kamu Ketahui

Karena usianya terbilang sudah cukup tua, setidaknya ada beberapa penyakit yang bisa ditemukan oleh pengguna Timor yang sudah agak lama menggunakannya. Salah satunya adalah bagian kaki-kaki yang dirasa agak kurang nyaman. Selain mungkin karena karakter bawaan, sedan Timor yang kurang perawatan di bagian steering akan menyebabkan problem di bagian kaki-kaki lebih sering terjadi.

Beberapa orang juga mengeluhkan ketersediaan onderdil yang katanya agak susah. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Onderdil Timor masih banyak yang dijual di sentra suku cadang atau toko online. Disamping itu, ada beberapa alternatif substitusi onderdil pengganti dari mobil lain karena mesin Timor ini masih satu keluarga dengan Mazda.

Disamping beberapa keluhan umum, pembeli juga bisa menyesuaikan tipe sedan Timor yang akan dibeli dengan karakter berkendara. Kalau ingin performa yang lebih ideal, bisa dipilih tipe injeksi yang lebih canggih dan didukung teknologi DOHC. Jika kehandalan mesin dan kemudahan perawatan jadi pertimbangan, maka tipe karburator bisa diandalkan.

Interior sedan Timor sendiri tergolong sudah cukup untuk mobil di kelasnya. Terdapat beberapa fitur fungsional seperti power window dan electric mirror yang cukup membantu penumpang dan pengemudinya.

Selain itu, harga sedan Timor juga masih tergolong ekonomis untuk pembeli. Di beberapa pasar mobil bekas, sedan Timor dibanderol mulai dari Rp. 25-40 juta tergantung kondisi, tahun dan tipenya. Untuk tipe special seperti station wagon, harganya tentu bisa lebih tinggi lagi karena tergolong edisi terbatas.

Dari berbagai segi, sedan Timor ini sebenarnya merupakan salah satu tipe yang patut dipertimbangkan bagi anda yang ingin membeli mobil bekas dengan dana terbatas. Dengan dana yang tidak terlalu banyak, fitur yang ditawarkan sedan Timor sudah dianggap lebih dari cukup.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password