Lexus Luncurkan LS 600HL: Mobil yang Bisa Mengemudikan Dirinya Sendiri

mobil yang bisa mengemudikan dirinya sendiri

Otorev.com – Toyota membangun fasilitas uji sendiri untuk kendaraan otonom di lahan seluas 60 hektar. Fasilitas uji otonom Toyota, yang terletak di Danau Ottawa, Michigan Technical Resource Park, akan dibuka bulan Oktober tahun 2018.

Fasilitas uji otonom Toyota ini akan menjadi tempat uji bagi mobil-mobil yang dibuat dengan skenario terlalu berbahaya bila dikemudikan di jalan umum. Mobil-mobil ini akan dijual secara terbatas, ditujukan sebagai sebuah karya seni untuk dikoleksi kalangan yang menginginkan mobil artistik dan futuristik, seperti mobil yang dapat mengemudikan dirinya sendiri.

Fasilitas ini berada di dalam lintasan uji oval 1,75 mil di Resource Park. Lintasan ini akan digadang-gadang sebagai lintasan yang permukaan lebih licin daripada melebihi permukaan jalan di perkotaan pada umumnya. Fasilitas ini akan terbagi menjadi empat jalur dengan pintu keluar masuk yang dikembangkan dengan teknologi canggih.

mobil yang bisa mengemudikan dirinya sendiri
Sumber: lexus.co.id

Dikutip dari motortrend.com, fasilitas yang digunakan secara eksklusif oleh Toyota akan disesuaikan dengan kebutuhan khusus mobil. Pernyataan tersebut diucapkan Ryan Eustice, wakil presiden senior divisi pengemudian otomatis untuk Toyota Research Institute. “Situs baru ini akan memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan skenario mengemudi yang akan mendorong batas-batas teknologi kami dan bergerak kita lebih dekat ke arah pengemudian otomatis yang dapat menghindarkan kecelakaan,” katanya.

Toyota juga menggunakan GoMentum Station di California, di mana Honda dan Lyft telah melakukan uji coba pada mobil self-driving di tempat yang sama. Mcity di Ann Arbor dan American Center for Mobility di Ypsilanti adalah mitra lain Toyota dalam proyek ini.

 

Konsep mengarah ke mobil otomatis

Sumber: lexus.co.id

Divisi pembuat kendaraan Lexus LS sedang melakukan riset untuk meningkatkan konsep e-Palet. E-Palet adalah sebuah gagasan menciptakan kendaraan yang visinya mengarah pada kendaraan masa depan, yakni kendaraan yang dapat berjalan secara otomatis atau tanpa pengemudi. Tahun lalu, Kepala Riset dan Pengembangan Toyota menyatakan keprihatinan dengan otonomi Level 3. Bahkan, perusahaan mungkin melewatkan tahap ini sama sekali dan melompat langsung ke sistem otonomi yang lebih maju.

“Otonomi aman,” kata Kiyotaka Ise, “Pertemuan teknik antara manusia-mesin adalah perhatian terbesar dengan Tingkat 3, namun dalam hal menyediakan teknologi untuk masa depan dan proses riset selama pertukaran antara sistem dan manusia. Langsung ke Level 4 mungkin lebih masuk akal.”

Bergabung dengan tampilan yang berani dari mobil otonom di CES, Toyota akan memulai debut iterasi ketiga dari Lexus LS 600HL, di mana mobil yang tercipta nantinya mampu mengemudikan dirinya sendiri.

 

Spesifikasi canggih kendaraan otonom

Sumber: lexus.co.id

Kendaraan uji memiliki sistem Luminar LIDAR baru dengan kisaran visi 200 meter (656 kaki). Tidak seperti sistem sebelumnya yang hanya melihat ke depan, unit baru dapat melihat 360 derajat di sekitar mobil.

Penglihatan yang membaik ini merupakan hasil dari empat kepala pemindaian LIDAR yang dapat mendeteksi objek gelap dan sulit dilihat. Untuk mendeteksi benda-benda kecil di dekat mobil, ada sensor LIDAR jarak pendek, satu di setiap panel juga bumper depan dan belakang. Infrastruktur elektronik dan kabel dapat ditemukan dalam kotak kecil di bagasi.

Tetapi tidak semua, mobil otonom, LS memiliki sensor besar yang dipasang di atap. Dengan bantuan dari orang-orang di CALTY Design Research di Michigan, Toyota mencoba membuatnya tampak tidak terlalu mengganggu. Panel ini memiliki bentuk yang aerodinamis dan sisi-sisinya dilapisi lapisan krom, mungkin untuk membantu memadukan dengan trim di sekitar garis atap mobil.

Mulai musim semi ini, Toyota akan memproduksi kendaraan otonom dalam jumlah kecil di pusat penelitian dan pengembangan Michigan. Mereka menginginkan pengembangan yang dapat terus melesat dalam pembuatan sistem pengemudian otomation. Diperkirakan mobil kemudi otomatis Lexus akan memulai debutnya pada 9 Januari 2019 di CES, Las Vegas.

Sumber featured image: lexus.co.id

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password