Punya Motor Berdengung? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Motor Berdengung – Apakah Anda sering mendapat masalah yang aneh pada motor Anda? Salah satunya muncul bunyi dengung di motor Anda, ketika mesin dihidupkan. Bunyi tersebut kadang muncul terus, meski motor sedang di-gas atau tidak.

Kira-kira Apa Penyebab Motor Berdengung?

Pada penggerak primer mesin, output mesin akan disalurkan oleh sebuah gigi ke kopling untuk kemudian diputuskan atau disambungkan. Kemudian, dari kopling, powerflow berlanjut ke sistem transmisi untuk kemudian diatur perbandingan gigi yang sesuai.

Baca juga : Inilah 3 Perlengkapan Motor yang Harus Dibawa Saat Musim Hujan, Sudah Punya?

Nah, di tempat ini, atau disebut powertrain, tentu ada banyak spot yang bisa menimbulkan masalah bunyi tidak enak didengar. Beberapa mekanik, menyimpulkan bunyi seperti mendengung yang terdengar di area bak kopling itu berasal dari primary prive yang sudah tidak normal.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Motor Berdengung?

Motor Berdengung

Keausan pada roda gigi memang tidak bisa kita perbaiki karena bukan sistem yang rusak namun pada komponen. Apalagi komponen ini terbuat dari besi yang sudah tercetak, otomatis untuk memperbaikinya kita perlu mengganti roda gigi primer ini.

Selain roda gigi Primer, Anda juga patut mengecek kondisi roda gigi penekan, roda gigi ini ada pada kopling yang akan memutar Pressure Plate Kopling. Jika ada keausan, maka Anda harus mengganti dua buah roda gigi ini.

Cara Mengganti Roda Gigi Primer Pada Kopling

perlengkapan motor yang harus dibawa saat musim hujan

Langkah awal, Anda perlu menguras oli mesin dari dalam bak mesin. Jika Anda akan menggunakan Oli itu kembali maka pastikan Anda menyediakan tempat penampung Oli yang bersih.

– Jika motor yang Anda perbaiki berjenis kopling manual, maka lepas kaitan kawat kopling dari lengan kopling.

– Selanjutnya buka cover kopling dengan melepas seluruh baut pengikat cover, umumnya baut ini bisa dilepas dengan kunci 10.

– Setelah sudah, perhatikan roda gigi primer. Anda harus benar-benar memastikan bahwa ada kerusakan pada roda gigi ini, cek Freeplay atau celah roda gigi dengan menggerakannya kekiri dan kekanan

– Untuk melepas roda gigi ini, memang tiap jenis motor berbeda. Sehingg pahami terlebih dahulu mekanisme pengunci pada roda gigi primer.

– Setelah selesai Anda pahami, lanjut untuk melepas mekanisme pengunci roda gigi hingga pengunci tersebut terlepas.

– Saat mekanisme pengunci terlepas, roda gigi primer harusnya bisa keluar. Namun pada beberapa motor, roda gigi ini terhalang oleh rangkaian kopling. Sehingga Anda perlu melepas kopling motor.

– Untuk melepas kopling ini, memang cukup mudah. Anda perlu melepas seluruh baut pengikat pressure plate, dan lepas rangkaian penekan plat kopling, pegas hingga plat kopling. Untuk melepas rangkaian plat kopling memang agak sulit, karena ada beberapa plat biasanya dalam kopling motor.

– Untuk melepasnya, coba Anda goyangkan sambil menarik plat kopling.

– Jika rangkaian kopling sudah terlepas seluruhnya, maka roda gigi primer bisa Anda lepas dengan mudah.

Sebelum memasang roda gigi baru, pastikan Anda menggunakan komponen yang sama bentuknya dan sama bahannya. Mengapa harus sama, karena jika ada perbedaan ukuran otomatis tidak akan bisa terpasang.

Tips terakhir, jika Anda ingin komponen mesin atau Powertrain motor lebih awet adalah jangan sepelekan Oli mesin. Biasanya ada pengguna motor yang menggunakan Oli tertentu untuk mengejar kecepatan mesin.

Memang itu tidak masalah namun, beda spek Oli beda pula daya lumasnya. Sehingga pastikan ketika Anda akan mengganti Oli mesin.

Jangan lupa, Anda bisa membeli sparepart motor menggunakan Aplikasi Akulaku, loh. Jadinya, suku cadang motor yang Anda beli bisa dibayar dengan cara dicicil, tentunya akan sangat berguna apabila motor Anda perlu diganti sukucadangnya di saat darurat, sedangkan Anda sedang tidak punya dana yang cukup, bukan?

Close

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password