4 Noda Membandel yang Kerap Menempel di Cat Mobil dan Cara Mengatasinya

noda membandel yang kerap menempel di cat mobil

Otorev.com – Cat adalah bagian mobil yang penting untuk dirawat. Pasalnya, kondisi cat mobil sangat memengaruhi penampilan mobil Anda. Cat yang bersih dan mengkilap akan membuat mobil Anda tampil prima. Sebaliknya, cat yang kotor dan kusam akan membuat mobil Anda tampil buruk.

Namun, merawat cat mobil agar tetap bersih dan mengkilap bukan hal sederhana. Ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui, salah satunya adalah noda-noda membandel yang kerap menempel di cat mobil dan cara mengatasinya. Berikut lima di antaranya sebagaimana dirangkum dari TribunJabar.

1. Getah Pohon

Sumber: cars .com

Getah pohon kadang mengotori cat mobil saat Anda parkir di bawah pepohonan. Noda getah pohon termasuk noda membandel yang kerap menempel di cat mobil karena sifatnya yang menempel erat di permukaan. Jika tidak langsung dibersihkan, getah pohon bahkan bisa memicu pengelupasan cat.

Gunakan pelarut cat berdaya rendah untuk membersihkan noda getah pohon yang menempel. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bensin. Gosoklah perlahan sampai noda benar-benar hilang. Jangan gosok terlalu keras. Gosokan yang terlalu keras justru berpotensi menggores cat Anda.

 

2. Kotoran Burung

Sumber: autoexpress .co.uk

Kotoran burung juga merupakan sumber noda membandel yang kerap menempel di cat mobil.Tidak hanya sulit dibersihkan, noda dari kotoran burung juga berbahaya bagi cat. Selain kandungan asamnya yang bisa merusak cat, biji-bijian yang tidak tercerna dengan baik di dalam kotoran burung juga bisa menggores cat.

Untuk mengatasi noda akibat kotoran burung, pertama-tama Anda mesti menyemprotnya terlebih dahulu, sebelum membersihkan sisa nodanya. Jangan langsung mengusapnya dengan lap, karena bisa menggores cat. Jika noda tidak juga hilang meski sudah dibersihkan dengan air, gunakanlah sabun khusus mobil untuk membersihkannya.

 

3. Serangga

Sumber: autoevolution .com

Saat berkendara, Anda kerap tak sengaja menabrak serangga hingga tubuhnya hancur dan mati. Tubuh serangga merupakan sumber noda membandel yang kerap menempel di cat mobil. Seperti kotoran burung, tubuh serangga pada dasarnya juga mengandung substansi asam yang membuatnya sulit dibersihkan dan berpotensi merusak cat.

Jika ada noda bekas tubuh serangga di kaca atau badan mobil Anda, segera bersihkan. Semakin lama menempel, noda bekas tubuh serangga tersebut akan semakin sulit dibersihkan. Caranya, semprot dulu dengan air hingga bersih. Setelah itu bersihkan sisanya dengan sabun khusus mobil.

 

4. Tumpahan Bahan Bakar dan Oli

Sumber: autoevolution .com

Noda membandel yang kerap menempel di cat mobil selanjutnya adalah tumpahan bahan bakar dan oli. Tumpahan bahan bakar kerap tak sengaja mengotori badan mobil Anda saat sedang mengisi BBM di SPBU. Sementara tumpahan oli kadang mengotori badan mobil saat Anda melakukan perawatan.

Jika hal itu terjadi, jangan tunggu terlalu lama. Segera bersihkan noda bahan bakar atau noda oli yang menempel di mobil Anda dengan lap microfiber.

Itulah 4 noda membandel yang kerap menempel di cat mobil dan cara mengatasinya. Sebisa mungkin hindari sumber-sumber noda membandel tersebut, supaya cat mobil Anda tetap bersih dan mengkilap. Namun, jika noda sudah terlanjur mengotori mobil Anda, jangan panik. Segera bersihkan dengan cara yang benar.

Berbicara soal cat mobil, Lexus merupakan pabrikan otomotif yang melapisi mobil-mobil keluarannya dengan tampilan cat yang menawan. Warna-warnanya tidak hanya senantiasa mengkilap dan selalu baru, tetapi juga menonjolkan kesan mewah dan elegan, sehingga sangat sesuai untuk Anda yang ingin selalu tampil berkelas.

Sumber featured image: pinterest .co.uk

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password