Ini Bahayanya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

Ini Bahayanya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

otoRev – Beberapa pabrikan mobil sudah menyediakan pilihan transmisi manual dan juga pilihan transmisi otomatis. Hampir pada semua modelnya sudah disediakan pilihan tersebut. Untuk transmisi matic biasanya tersedia model konvensional dan ada yang mengusung dengan konsep CVT.

CVT merupakan kependekan dari Continuously Variable Transmission. Mobil yang mengusung konsep CVT tentu berbeda dengan mobil yang mengusung konsep matic biasa. Hal ini karena mekanisme dan komponen pada mobil CVT jauh berbeda dengan mobil matic biasa. Mengenai penggunaan CVT sendiri tak boleh sembarangan karena akan mengundang bahaya. Berikut apa saja bahaya kalau sembarangan pakai oli CVT. Anda harus tahu dan pahami!

Bahaya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

Ini Bahayanya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

Baca juga : Jenis Oli Mobil Terbaik yang Dapat Menjadi Pilihan Anda

Transmisi CVT memerlukan sebuah perawatan khusus yang tidak boleh diabaikan oleh pemilik mobil. Paling tidak, Anda yang memiliki  mobil dengan transmisi CVT yang harus Anda lakukan adalah rajin melakukan pengecekan dan pergantian pelumas.

Bentuk perawatannya sendiri sebenarnya tidak begitu susah. Akan tetapi juga tak boleh dianggap remeh. Anda cukup saja untuk secara rutin melakukan pergantian oli CVT yang memiliki fungsi melumasi rantai CVT. Ini juga sangat penting untuk diperhatikan oleh Anda yang punya mobil Toyota dimana mobilnya sudah menggunakan teknologi CVT.

Ini Bahayanya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

Baca juga : Kapan Waktu Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dikendarai?

Lantas kapankah waktu pergantian oli yang tepat? dijelaskan salah satu mekanik dari Toyota bahwa normalnya setiap 10.000 km atau lima tahun. Akan tetapi dengan catatan sama sekali tidak ada suatu kebocoran. Akan tetapi jika Anda memang ingin menjaga komponen CVT agar tetap prima ketika digunakan ada baiknya agar pemilik kendaraan bisa menggantinya setiap 10.000 km.

Kondisi yang semacam ini juga sangat baik. Mengingat kondisi khususnya di kota – kota besar yang seringkali mengalami kemacetan. Belum lagi ditambah dengan cuaca panas yang sangat ekstrim. Jika setiap pemilik mobil memiliki transmisi CVT menghadapi situasi yang semacam itu maka sangat dianjurkan untuk Anda melakukan pergantian pelumas dengan secepat mungkin.

Ini Bahayanya Kalau Sembarangan Pakai Oli CVT

Baca juga : Jangan Mudah Percaya! Ini 5 Mitos tentang Ganti Oli Mobil yang Mesti Anda Tahu

Dalam melakukan pergantian oli, ditekankan kepada pengguna untuk tidak sembarang membeli dan memilih. Satu hal yang Anda perlu ingat bahwa walau sama – sama CVT, akan tetapi spesifikasi oli yang digunakan pada masing – masing mobil memiliki perbedaan. Untuk mobil Toyota, pihak pabrikan sudah memiliki standar khusus bagi pelumas CVT yaitu Toyota Genuine CVT Fluid FE. Oli yang satu ini merupakan jenis oli yang sudah dirancang secara khusus disesuaikan dengan karakteristik mobilnya. Oli tersebut diklaim banyak pengguna merupakan salah satu jenis oli yang nurut dan ramah. Cocok juga untuk mobil yang setiap harinya digunakan atau dalam artian mobil harian yang digunakan sehari – hari oleh pengguna atau pemiliknya.

Jadi jangan sembarang pakai oli khususnya Anda yang punya mobil dengan mesin CVT. Untuk Anda yang berniat menambah aksesoris atau kelengkapan sparepart kendaraan, Anda bisa belanja di AKULAKU.

Belanja di AKULAKU pastinya akan senantiasa memudahkan Anda. Apalagi kredit AKULAKU tanpa NPWP sehingga Anda bisa melakukan kredit dengan proses yang tidak ribet sama sekali. Bunga cicilan juga hanya 0% sehingga pastinya cicilan yang perlu dibayarkan tidak akan memberatkan Anda.

Anda bisa beli berbagai macam barang kebutuhan dengan fasilitas kredit yang sudah diberikan. Sebagai aplikasi kredit terbaik, AKULAKU juga sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pengadaan barang. AKULAKU juga bekerjasama dengan Aidia Network untuk memberikan voucher belanja dengan diskon up to 700.000. Manfaatkan kode voucher AIDIA1 dan dapatkan diskon belanja sebesar mungkin! Yuk tunggu apalagi?

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password