Oli Power Steering Tepat, Manuver Jadi Mantap

otoRev.com AKULAKU – Power Steering (PS) adalah bagian dari sistem kemudi yang berfungsi untuk membuat setir menjadi lebih ringan saat dibelokkan atau diputar dengan menggunakan tenaga hidrolik. Dengan adanya PS, mobil menjadi lebih mudah dan aman untuk dikendalikan. Akan ada banyak masalah yang muncul jika PS mengalami kerusakan.

Saat PS mengalami kerusakan, akan muncul gejala seperti misalnya kemudi menjadi berat saat dibelokkan, setir susah dikendalikan, muncul suara dengungan, dan sebagainya. Hal ini bisa disebabkan karena adanya kebocoran pada seal dan selang karet pada sistem PS, atau kerusakan pompa hidrolik yang dipicu oleh cara mengemudi yang salah. Ada beberapa cara agar kondisi PS tetap optimal, simak ulasannya berikut ini.

Baca juga : Aksesoris Mobil yang Harus Anda Punya, Ini Penting

oli power steering

Cara Agar Power Steering Tetap Awet

Sistem PS akan lebih awet dan tidak mudah rusak jika kita mengemudikan mobil dengan benar, misalnya dengan tidak melakukan manuver yang berbahaya. Selain itu, kita juga harus melakukan antisipasi jika gejala kerusakan mulai muncul. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kondisi oli PS. Apabila berkurang, segera tambahkan oli PS tersebut atau kuras dan menggantinya dengan yang baru.

Pilih Oli Power Steering yang Tepat

Masih banyak yang beranggapan jika oli PS dapat digantikan dengan oli transmisi otomatis. Anggapan tersebut muncul karena sistem PS dan transmisi sama-sama menggunakan tenaga hidrolik. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, kedua cairan tersebut mempunyai spesifikasi, bahan, dan fungsi yang jelas berbeda.

Pilihlah merk oli PS yang dapat menjaga kondisi seal agar tetap prima. Seiring berjalannya waktu, seal ini bisa mengeras dan menyusut karena panas dan umur pemakaian. Pilihlah oli PS yang mampu menghidupkan kembali seal karet yang sudah menyusut agar kembali mengembang  dan elastis, sehingga dapat menahan kebocoran oli PS. Setelah memilih oli PS yang tepat, kamu juga harus mengganti cairan tersebut secara teratur. Biasanya pergantian dilakukan setiap satu tahun sekali atau jika jarak tempuh mencapai 20.000 km.

Itulah beberapa tips agar manuver mobil kamu tetap mantap. Kamu bisa mendapatkan cairan PS yang berkualitas melalui aplikasi AKULAKU. Kamu juga bisa menikmati layanan kredit tanpa kartu kredit dari AKULAKU. Kredit ga pake ribet cuma di AKULAKU.

Close

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password