Cara Cek Pajak Mobil 2019 dan Menghitung Besar Denda

pajak mobil 2019

Anda tidak akan asing dengan slogan “orang bijak taat bayar pajak” bukan? Tentu slogan ini mengingatkan kita akan pajak pribadi, penghasilan bahkan pajak kendaraan sekalipun. Sebab tiap kendaraan bermotor pasti memiliki jumlah pajak yang harus dibayarkan setiap bulannya. Untuk mengetahui berapa besaran pajak mobil 2019 serta berapa denda yang harus dibayarkan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan mudah dan untuk mengeceknya.

Membayar pajak dengan taat tentu sebagai wujud bahwa kita ingin menjadi warga negara yang baik. Pengumpulan pajak sendiri juga bisa berupa perbaikan jalan-jalan yang rusak dan pembangunan lainnya. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui berapa kiranya besaran pajak mobil di tahun 2019 beserta dengan cara menghitung denda.

Cara Cek Pajak Mobil 2019 dan Dendanya

  1. Situs Samsat PKB

pajak mobil 2018 terbaru

Untuk mengetahui berapa pajak mobil 2019 ini, anda bisa mengunjungi situs dari samsat PKB. Nantinya kita hanya perlu memasukkan nomor polisi yang ada di kendaraan kita. Barulah setelahnya, klik proses dan tunggu hingga hasil dan informasinya bisa muncul. Di situs ini juga nanti akan dijelaskan apakah mobil pribadi anda terkena pajak progresif atau tidak serta bisa melihat jumlah dana yang harus dibayarkan untuk perpanjangan STNK berikutnya. Namun yang juga harus anda tahu adalah samsat ini hanya untuk plat B sementara untuk wilayah lainnya berbeda lagi.

  1. Via Aplikasi

pajak mobil 2018 naik

Baca juga : Harga Pasaran Honda Win 100 Bekas Dibanderol Hingga 15 Jutaan

Anda bisa menggunakan cara mudah untuk mengetahui berapa pajak mobil 2019 melalui aplikasi cek ranmor. Cari di google playstore, install dan nantinya anda akan diminta untuk log in menggunakan akun google. Masukkan nomor polisi baik itu mobil atau motor disertai dengan nomor KTP. Aplikasi yang akan menampilkan data mobil persis dengan apa yang ditampilkan di situs samsat serta berapa pajak yang harus dibayarkan tepat waktu.

  1. Via SMS

Cara Cek Pajak Mobil

Baca juga : 5 Rekomendasi Mobil Keluarga 60 Jutaan Terbaru

Cek pajak kendaraan berikutnya bisa melalui cara SMS yang berlaku untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga Yogyakarta mengingat situs cek pajak di beberapa wilayah ini seringkali error. Untuk yang ada di wilayah Jawa Barat, anda bisa mengirimkan SMS ke Dispenda Jabar di nomor 0811 211 9211 dengan format SMS Info (spasi) kode plat kendaraan anda di Jawa Barat/ nopol/ kode seri plat kendaraan (spasi) warna plat kendaraan dan kirim ke nomor tersebut. Sementara untuk wilayah Jawa Tengah anda bisa menggunakan format JATENG (spasi) nomor pelat kendaraan.

  1. Datang Langsung ke Samsat

Cara Cek Pajak Mobil

Baca juga : Berapa Besaran Pajak Mobil Alphard di Indonesia? Ini Jawabannya!

Apabila anda salah seorang yang tidak bisa mengecek secara online karena terlalu ribet maka cara cek pajak mobil 2019 bisa langsung datang ke samsat terdekat yang ada di wilayah anda. Jangan lupa untuk membawa STNK dan berkas yang diperlukan. Disana nanti anda juga bisa melakukan perhitungan berapa besar denda yang dikenakan saat terlambat membayar pajak kendaraan anda.

  1. Melakukan Rumus Perhitungan

Cara Cek Pajak Mobil

Tidak hanya dengan datang ke samsat atau melalui cara online, anda juga bisa menghitung berapa pajak mobil 2019 yang dikenakan dengan mengetahui rumus perhitungannya. Namun pastikan bahwa anda telah tahu betul apa saja biaya yang dihitung agar hasilnya nanti memanglah benar. Cari tahu bagaimana rumus menghitung pajak kendaraan beserta dendanya.

Beberapa cara cek pajak mobil 2019 ini juga bisa mengetahui berapa besar denda yang dikenakan. Tentu akan lebih aman jika anda membayarnya tiap tahun agar tak membuat bengkak pengeluaran saat terlambat membayar. Ayo taat bayar pajak sekarang juga!

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password