Ini 4 Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor yang Harus Anda Tahu

penyebab aki mobil cepat tekor

Komponen mobil tidak hanya membutuhkan perawatan secara berkala namun juga pada akhirnya harus diganti ketika masa penggunaan sudah pada batas waktunya. Seperti misalnya aki mobil yang membutuhkan perhatian dari para pemilik kendaraan roda empat ini. Umumnya, ada 4 penyebab aki mobil cepat tekor yang harus kita ketahui. Penggunaan mobil sebagai kendaraan pribadi memanglah memudahkan kita untuk beraktivitas namun juga membutuhkan perawatan yang maksimal.

Tidak sedikit ternyata pengendara yang mengeluhkan bahwa aki mobilnya tekor tanpa diketahui penyebabnya atau secara tiba-tiba. Padahal, setiap kerusakan tentu ada faktor pemicunya. Pun dengan kondisi aki yang tekor. Ada 4 penyebab aki mobil cepat tekor yang bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

4 Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor Harus Anda Tahu

 

Mengetahui penyebabnya bisa menjadikan kita lebih waspada. Tentu untuk menghindari adanya kerusakan yang lebih parah. Dari sekian banyak penyebab, 4 diantaranya paling sering terjadi. Seperti :

  1. Pemasangan Aksesori di Mobil

Satu dari 4 penyebab aki mobil cepat tekor adalah karena pemasangan aksesori di mobil anda. Hal ini memang sering dilakukan oleh banyak pemilik mobil karena mereka tidak begitu mengerti. Aksesoris tambahan tentu membutuhkan arus listrik meningkat namun suplai aki ternyata ada dalam jumlah tetap. Penyebab utamanya adalah karena penggunaan aksesoris mobil. Misalnya seperti melakukan upgrade sistem audio dan juga adanya instalasi klakson serta lampu tambahan.

  1. Mobil yang Lama Tidak Dihidupkan

Berikutnya, penyebab yang harus anda ketahui adalah karena mobil yang sudah lama tidak dihidupkan. Bukan karena keseringan tetapi juga bisa jadi karena tidak pernah digunakan atau dinyalakan. Hal ini dikarenakan aki akan tekor meskipun posisi mesin dalam keadaan mati. Aki akan tetap memberi suplai arus pada komponen yang tetap menggunakan listrik. Mobil yang tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang panjang atau lama bisa membuat aki menjadi tekor.

  1. Kelalaian Pengemudi

Urutan ke tiga dari 4 penyebab aki mobil cepat tekor adalah kelalaian pengemudi. Kejadian ini memang dikategorikan sebagai penyebab fatal. Seringkali pengemudi lupa meninggalkan mobil di parkiran tanpa mematikan komponen kelistrikannya. Namun jarang juga mereka yang sengaja menghidupkan aksesoris hanya untuk membuatnya nyaman dan mengandung listrik. Seperti misalnya pada kondisi AC mobil yang nyala ketika posisi mesin mati. Kebiasaan buruk ini bisa membuat aki menjadi cepat tekor. Tak jarang juga bisa menjadi penyebab utama dari kebakaran mobil.

  1. Masalah pada Alternator

Masalah pada alternator bisa menjadi penyebab utama dari aki cepat tekor juga. Komponen ini berfungsi untuk mengisi arus energi ke aki. Bekerjanya juga bisa mengikuti putaran pully yang memiliki fanbelt mesin. Jika komponen ini rusak maka bisa dipastikan aki akan cepat tekor karena tidak adanya suplai energi yang masuk.

Tentu sebagai pemilik mobil tak ingin melihat adanya kerusakan pada komponen yang ada pada mobil. Namun selagi kita juga mengikuti aturan yang disarankan pada buku panduan, kelalaian bisa menjadi penyebab utama dari kerusakan pula. Misalnya seperti salah satu dari 4 penyebab aki mobil cepat tekor adalah karena sifat lali manusia.

Rawat komponen dan kondisi mobil dengan cermat. Apabila anda tidak begitu mengerti terkait kondisi mesin dan komponen lainnya, tak ada salahnya untuk berkonsultasi atau membawanya ke bengkel. Pengecekan secara rutin mampu menghindarkan mobil dari kerusakan.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password